PEMERINTAH KOTA SUKABUMI AKAN MENYELENGGARAKAN KAMPANYE MR

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, pada Bulan Agustus dan September 2017 mendatang, akan menyelenggarakan Kampanye MR (Measles Rubella) secara serempak di seluruh daerah Indonesia. Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan kampanye tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi dan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, sudah menyelenggarakan pertemuan dan koordinasi sekaligus persiapan, yang diikuti oleh seluruh aparat SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, yang dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., tepatnya tanggal 20 Juli 2017, di Aula Bank BJB Pusat Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi meminta sekaligus menginstruksikan kepada seluruh aparat SKPD serta instansi dan lembaga terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar melakukan berbagai persiapan secara matang, supaya pelaksanaan kampanye tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai harapan semua pihak. Adapun implementasi atau perwujudan dari kampanye tersebut, yakni berupa sosialisasi dan pemberian vaksin Measles atau yang lebih dikenal dengan Campak dan Rubella. Dikatakannya, Rubella merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya bagi kesehatan manusia, serta dapat menyerang pada anak-anak sampai dewasa.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah menjelaskan, Rubella biasanya merupakan penyakit ringan pada anak. Namun apabila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau pada awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi, yang lebih dikenal dengan sebutan SRK (Sindrom Rubella Kongenital), yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, serta ketulian dan keterlambatan perkembangan pada tubuh bayi.

Dijelaskan pula, pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah senantiasa menyelenggarakan Imunisasi Campak. Namun mulai tahun 2017 ini, pemerintah melakukan penanggulangan terhadap Campak dan Measles Rubella. Untuk itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi mengharapkan kepada seluruh aparat SKPD serta instansi dan lembaga terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang mengikuti pertemuan dan koordinasi ini, dapat menyebarkan informasi dan sosialisasi kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi di wilayahnya masing-masing, khususnya kepada ibu hamil dan yang mempunyai anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi beserta seluruh aparat SKPD serta instansi dan lembaga terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang mengikuti pertemuan dan koordinasi ini, menandatangani Komitmen Menyukseskan Kampanye MR Tahun 2017 di Kota Sukabumi.