KOTA SUKABUMI BERHASIL MENDAPAT KEMBALI ANUGERAH KLA UNTUK KE 4 KALINYA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kota Sukabumi berhasil mendapat kembali anugerah KLA (Kota Layak Anak) untuk ke 4 kalinya. Anugerah tersebut diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Prof. Dr. Yohana Yembise, Dip.Apling., M.A., kepada Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., pada acara puncak HAN (Hari Anak Nasional) Tahun 2017 Tingkat Nasional, tepatnya tanggal 22 Juli 2017, di Kota Pekanbaru Propinsi Riau. Selain mendapat anugerah KLA, salah seorang anggota Forum Anak Sukabumi, Lisan Shidqi Zul Fahmi, meraih gelar juara Tunas Muda Pemimpin Indonesia Tahun 2017 untuk kategori pelajar SMP.

Usai menerima anugerah tersebut, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., didampingi Kepala DP2KBP3APM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi, Dra. Hj. Lilis Astri Suryanita, M.M., mengatakan sangat bangga dan gembira atas diraihnya tersebut. Ditandaskannya, keberhasilan tersebut merupakan keberhasilan dan buah kerja keras semua pihak, yakni pemerintah dan segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait.

Untuk itu, Walikota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya kepada SKPD terkait, atas kepedulian dan partisipasi serta kebersamaan dan kerja kerasnya, sehingga Kota Sukabumi berhasil mendapat kembali anugerah KLA untuk ke 4 kalinya, termasuk gelar juara Tunas Muda Pemimpin Indonesia Tahun 2017 untuk kategori pelajar SMP. Selain itu, Walikota Sukabumi mengharapkan, agar kepedulian dan partisipasi serta kebersamaan dan kerja keras dari semua pihak ini, senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan dalam berbagai bidang, supaya Kota Sukabumi bisa lebih maju lagi dan berprestasi di berbagai bidang.

Sementara Kepala DP2KBP3APM Kota Sukabumi, Dra. Hj. Lilis Astri Suryanita, M.M. menjelaskan, anugerah tersebut diberikan 2 tahun sekali, kepada Kota dan Kabupaten yang bernar-benar berkomitmen dan berupaya optimal merealisasikan Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2002, Tentang Perlindungan Anak. Antara lain tersedianya lembaga konsultasi bagi orang tua dan keluarga tentang pengasuhan dan perawatan anak, fasilitas informasi layak anak, Pojok Laktasi di setiap Puskesmas dan tempat bermain anak, KTR (Kawasan Tanpa Rokok), serta fasilitas untuk kegiatan kreatif dan rekreatif yang ramah anak di luar sekolah, yang dapat diakses semua anak.

Kepala DP2KBP3APM Kota Sukabumi mengharapkan, dengan mendapatnya kembali anugerah KLA untuk ke 4 kalinya ini, dapat menjadi motivasi kepada semua pihak di Kota Sukabumi, khususnya dalam melakukan pengawasan dan perlindungan serta keselamatan anak. Karena tugas dan tanggungjawab tersebut, merupakan  tugas dan tanggungjawab semua pihak, yakni pemerintah dan segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya para orang tua serta pihak sekolah dan SKPD terkait.