SEBANYAK 5 ORANG PNS KOTA SUKABUMI PESERTA DIKLATPIM TINGKAT IV TAHUN 2017 MENDAPAT NILAI TERBAIK

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 5 orang PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi peserta Diklatpim (Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan) Tingkat IV Tahun 2017 mendapat nilai terbaik, khususnya pada penilaian penyusunan dan pembuatan proyek pelayanan yang diajukan oleh setiap peserta. Pelaksanaan Diklatpim yang berlangsung di Gedung Korpri Kota Sukabumi ini, ditutup secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., tepatnya tanggal 21 Juli 2017.

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan selamat kepada para peserta yang mendapatkan nilai terbaik dalam penilaian penyusunan dan pembuatan proyek pelayanan. Selain itu, Walikota Sukabumi mengharapkan, dengan diraihnya nilai terbaik olehj 5 orang PNS peserta Diklatpim Tingkat IV Tahun 2017 ini, dapat menjadi motivasi bagi para PNS lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam menyusun dan membuat konsep pelayanan terbaik bagi warga masyarakat Kota Sukabumi, baik untuk jangka panjang maupun untuk jangka pendek, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) serta bidang masing-masing. Diharapkan pula, setelah selesai mengikuti Diklatpim ini, seluruh peserta dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan yang lebih baik kepada warga masyarakat Kota Sukabumi. Karena hal tersebut merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Sukabumi, untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga masyarakat.

Walikota Sukabumi menandaskan, Diklatpim ini wajib diikuti oleh seluruh PNS, sebagai Abdi Negara, Abdi Pemerintah dan Abdi Masyarakat. Adapun maksud dan tujuannya, yakni untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan serta keahlian, khususnya dalam melakukan pengelolaan pelayanan dan sistem pemerintahan, telebih bagi para Pejabat Eselon IV. Sebab dalam sistem kepegawaian, posisi Pejabat Eselon IV ini ada pada wilayah oprasional. Dengan demikian, para Pejabat Eselon IV ini harus cakap dan terampil, khususnya dalam melaksanakan seluruh tugas pekerjaan dan pelayanan kepada warga masyarakat.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) dan Informasi Pegawai BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi, Dedi Permana, S.IP., selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, peserta Diklatpim Tingkat IV Tahun 2017 ini, seluruhnya berjumlah 40 orang, yang terdiri dari 29 orang pria dan 11 orang wanita, serta seluruhnya dinyatakan lulus dengan meraih nilai baik. Karena seluruh peserta dapat mengikutinya dengan baik dan berjalan lancar, baik ditinjau dari aspek kesesuaian waktu maupun ditinjau dari aspek kaidah dan ketentuan substantif yang dimuat dalam struktur kurikulum. Adapun mengenai waktu pembelajaran Diklatpim ini, yakni di dalam kelas dilaksanakan selama 32 hari kerja atau setara dengan 282 jam, dan di luar kelas dilaksankan selama 65 hari kerja atau setara dengan 585 jam.