DISKOMINFO KOTA SUKABUMI GELAR BIMTEK GERAKAN MENUJU 100 SMART CITY

Reporter : Ratna Nurseha

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi sebagai Dinas yang menjadi leading sector dalam bidang komunikasi dan informatika menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan dan Quick Win Gerakan Menuju 100 Smart City 2017, Selasa, 25 Juli 2017, di Op Room Setda Kota Sukabumi.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, DR. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., saat membuka acara ini dalam sambutannya mengatakan, pimpinan daerah di Kota Sukabumi sangat mendukung implementasi smart city di Kota Sukabumi. Hal ini didasari oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi yang mengubah pola hidup masyarakat sehingga pemda harus melakukan perubahan dengan dukungan teknologi informasi.

“Selain memanfaatkan infrastruktur dan suprastruktur yang dimiliki saat ini, pemda juga bekerja sama dengan pihak swasta dalam menyediakan layanan teknologi informasi. Dengan dukungan investasi pihak swasta saat ini tengah dibangun beberapa titik layanan internet gratis bagi masyarakat di ruang-ruang publik seperti di Taman Lapang Merdeka, Taman Urang, Taman Cikondang, Sekretariat Daerah, Perpustakaan Umum Daerah serta dalam waktu dekat akan disediakan pula di area Terminal KHA. Sanusi Jalur Lingkar Selatan,” lanjutnya.

Selain bekerja sama dengan pihak swasta, pemda juga memanfaatkan potensi perguruan tinggi yang ada di Kota Sukabumi seperti Politeknik Sukabumi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), untuk memaksimalkan potensi yang ada di Kota Sukabumi dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah layanan publik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Sukabumi, Drs. Gabril M. Sukarman, M.Pd., menjelaskan,Smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Tahun 2017 Kota Sukabumi terpilih sebagai 1 dari 25 kota/kabupaten di Indonesia yang menjadi pilot project Smart City di Indonesia. 25 Kota/kabupaten ini terpilih dalam kegiatan assessment yang dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kemendagri, Kementerian PAN & RB, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PU & PR, Kantor Staf Presiden dalam Gerakan Menuju 100 Smart City beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini menghadirkan nara sumber dari Kementerian Kominfo dan Perbanas serta diikuti oleh utusan dari seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Sukabumi. Adapun target dari kegiatan ini adalah pertama, penyusunan analisis SWOT tentang smart city; kedua, menyusun visi, misi, dan program prioritas; serta ketiga, menyusun strategi quick win, yakni menyusun program yang paling mungkin berhasil dalam jangka pendek.