TIM ASET KEMENRISTEK PT RI MENGECEK LAHAN UNTUK PEMBANGUNAN KAMPUS PSDKU IPB SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Tim Aset Kemenristek PT (Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi) RI, mengecek lahan untuk pembangunan Kampus PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) IPB (Institut Pertanian Bogor) Sukabumi seluas 15 hektar, di wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 24 Juli 2017. Kedatangan Tim Aset tersebut, diterima secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., selaku Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Kusumah Bangsa, di Ruangan Rapat Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. Sukarman, M.Pd., selaku Direktur Politeknik Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si. menjelaskan, kedatangan Tim Aset Kemenristek PT RI ini, berkaitan dengan lahan untuk pembangunan Kampus PSDKU IPB Sukabumi di atas 15 hektar, yang akan diserahkan kepada Kemenristek PT RI, serta sudah dibebaskan oleh Pemerintah Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, lahan yang sudah dibebaskan tersebut, untuk kepentingan pembangunan Perguruan Tinggi Negeri di Kota Sukabumi. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Sukabumi secara all out menyiapkan lahan tersebut, serta dijamin bahwa lahan tersebut sudah clear and clean. Dengan demikian, dalam melakukan proses pembangunan Kampus PSDKU IPB Sukabumi yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 ini, tidak akan mengalami kesulitan, seraya mengharapkan, lahan untuk pembangunan kampus tersebut bisa mencapai 30 hektar.

Selain itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga mengharapkan, dengan adanya Perguruan Tinggi di Kota Sukabumi, tingkat pertumbuhan dan perkembangan serta kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di Kota Sukabumi dan sekitarnya, akan lebih cepat dan maju. Karena Kota Sukabumi, akan menjadi pusat pendidikan yang berbasis profesional. Sebab IPB dan Politeknik Sukabumi serta Perguruan Tinggi lainnya yang ada di Kota Sukabumi, mengarah pada pendidikan profesional.

Hal tersebut sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat Berlandaskan Iman dan Taqwa. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi terus berupaya optimal mendorong Pemerintah Pusat melalui Kemenristek PT RI, untuk mendirikan Perguruan Tinggi Negeri di Kota Sukabumi.