RAPERDA PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD KOTA SUKABUMI TAHUN ANGGARAN 2016 SUDAH DITETAPKAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Rantus (Rancangan Keputusan) DPRD Kota Sukabumi mengenai Persetujuan Terhadap Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Kota Sukabumi tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016, sudah ditetapkan menjadi Keputusan DPRD yang definitif, pada Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP., tepatnya tanggal 25 Juli 2017, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi.

Adapun susunan acara Rapat Paripurna tersebut, antara lain Pembukaan, yang terdiri dari Menyanyikan Lagu Indonesia Raya,  Pengesahan Kuorum, Pengesahan Acara dan Kata-Kata Pengantar Pimpinan Rapat. Selanjutnya Pokok-Pokok Kegiatan, meliputi Pembacaan Laporan Hasil Kerja Pansus (Panitia Khusus) DPRD, Pembacaan Rantus DPRD Kota Sukabumi oleh Sekretaris DPRD Kota Sukabumi, Asep L. Sukmana, S.H., M.Si., Penetapkan Rantus dan Penandatanganan Keputusan DPRD oleh Pimpinan DPRD, serta Pendapat Akhir Walikota Sukabumi. Kemudian acara Penutup, yakni Menyanyikan Lagu Bagimu Negeri, Pembacaan Doa dan Kata-Kata Penutup oleh Pimpinan Rapat.

Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP. menjelaskan, dengan telah ditandatanganinya Keputusan DPRD tersebut, maka dalam kesempatan ini pula, Pansus DPRD Pembahasan tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016 ini secara resmi dibubarkan, disertai ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kinerja yang telah dicapai, serta diharapkan dapat membawa kemanfaatan terhadap upaya dalam mencapai visi dan misi Kota Sukabumi.

Disamping itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi atas nama Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, atas kehadirannya dalam mengikuti Rapat Paripurna ini sampai tuntas, seraya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam pelaksanaan Rapat Paripurna ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

Sementara Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, atas terjalinnya kemitraan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, yang didasari oleh dedikasi dan curahan pikiran yang ikhlas, khususnya dalam mewujudkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah.

Selain itu, juga kepada Pansus DPRD, yang telah mencermati dan membahas secara serius, teliti dan seksama, atas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016, termasuk kepada seluruh Fraksi DPRD Kota Sukabumi, yang telah menyampaikan Pandangan Umum Fraksi secara objektif dan korektif, serta masukan yang positif bagi Pemerintah Kota Sukabumi, dan memberikan kontribusi yang sangat berarti dalam pencapaian keberhasilan pembangunan Kota Sukabumi.

Usai Rapat Paripurna Menetapkan Rantus DPRD Kota Sukabumi mengenai Persetujuan Terhadap Raperda Kota Sukabumi tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016 menjadi Keputusan DPRD yang definitif, dilanjutkan Rapat Paripurna Penjelasan Walikota Sukabumi terhadap Raperda Kota Sukabumi tentang Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten Daerah dan Staf Ahl Walikota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Alim Ulama, para Sesepuh dan Tokoh Masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Pemuda dan Wanita, serta Mahasiswa dan para tamu undangan lainnya.