Tiga Kelurahan di Citamiang Manfaatkan Dana Kelurahan Untuk Peningkatan SDM

Reporter : Arif Hidayat

Memanfaatkan dana kelurahan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi mitra kerja pemerintah. Hal tersebut dilakukan oleh tiga kelurahan di Kecamatan Citamiang, yakni kelurahan cikondang, nanggeleng dan gedong panjang, pada 22 November 2022.

Kelurahan Cikondang memanfaatkan dana kelurahan untuk meningkatkan kapasitas para ketua RT dan RW sekaitan tugas dan fungsi mereka. Salah satu hal yang ditekankan adalah mengenai layanan administrasi kependudukan. Lurah Cikondang, Dory, mengatakan bahwa bimbingan teknis diikuti oleh 9 orang Ketua RW dan 41 orang Ketua RT.

Sedangkan di Kelurahan Nanggeleng, para kader posyandu diberikan wawasan mengenai Geriatri atau penanganan, diagnosis serta pencegahan penyakit pada lansia. Lurah Nanggeleng, Aditya Wibawa, mengharapkan melalui kegiatan ini derajat kesehatan para lansia semakin meningkat sehingga bisa tetap aktif dan produktif.

Peningkatan kualitas Posyandu menjadi salah satu perhatian pula bagi Kelurahan Gedong Panjang. Karena pada hari yang sama diadakan bimbingan teknis bagi para kader. Camat Citamiang, Fajar Rajasa, yang membuka jalannya kegiatan mengharapkan para kader juga mulai memperhatikan kesehatan remaja, karena hal ini menjadi salah satu perhatian Pemerintah, yang tengah berupaya untuk mencegah munculnya kasus stunting.

Sementara lurah setempat, bunyamin, menjelaskan bahwa dalam pemanfaatan dana kelurahan tahun ini, pihaknya fokus pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ), karena selain kader Posyandu, sebelumnya para anggota linmas pun telah diberikan pelatihan.

Leave a Reply