UPT Penunjang Kesehatan Gelar Case Conference Untuk Pengembangan Home Care dan Ambulans Sigap

Reporter : Hendriansyah

UPT Penunjang Kesehatan Dinas Kesehatan  Kota Sukabumi yang mengelola layanan Home Care dan Ambulans Sigap, pada 28 November 2022 di Hotel Balcony melaksanakan  case conference. Kegiatan yang menghadirkan narasumber Ketua PPNI, Irawan Danismaya, dan dr. Tutwuri Handayani, diikuti oleh sekitar 70 orang peserta.

Kepala UPT Penunjang Kesehatan Dinas Kesehatan, Tuti Hasanah, mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan salah satunya sebagai evaluasi pelayanan Home Care dan Ambulans Sigap. Tujuan lainnya adalah merencanakan kebutuhan layanan berdasarkan kasus yang ditemukan, termasuk membuka kemungkinan keterlibatan pihak lainnya dalam penanganan kasus.

Ia menambahkan jumlah pasien yang membutuhkan layanan home care dari tahun ke tahun mengalami peningkatan seperti individu rawan kesehatan yang pada tahun 2018 tercatat sebanyak 540 orang, kini menjadi sebanyak 1854 orang. Sedangkan untuk screening dari 1539 orang menjadi 7602 orang.

Adapun untuk Ambulan Sigap sepanjang tahun 2022 melayani 638 kasus dengan 94 kasus diantaranya masuk dalam kategori gawat darurat. Ia mengharapkan kedua program ini dapat dilanjutkan dengan sarana dan prasarana yang lebih memadai, karena dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Leave a Reply