Tahapan Perencanaan Pembangunan Tahun 2024 Resmi Dimulai

Reporter : Arif Hidayat

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) memulai tahapan perencanaan pembangunan tahun 2024 yang ditandai dengan kick off meeting pada 2 Desember 2022 di Hotel Anugrah. Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota, Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota, Andri Setiawan Hamami, Sekretaris Daerah, Dida Sembada, beserta jajaran pimpinan perangkat daerah.

Wali Kota dalam kesempatan tersebut memaparkan beberapa hal diantaranya tujuan sasaran Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024 – 2026 adalah terciptanya perekonomian Kota Sukabumi yang inklusif, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter dan kompetitif, serta terwujudnya tata kelola pemerintah yang baik dan inovatif.

Sedangkan sasaran RPD diantaranya adalah terciptanya ekonomi yang bertumpu pada sektor perdagangan dan jasa, berkembangnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, meningkatkan derajat pendidikan serta kesehatan masyarakat, dan terbangunnya infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkualitas. Sementara indikator yang akan digunakan adalah laju pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia, indeks kota layak huni dan indeks reformasi birokrasi.

Ia juga menekankan bahwa penyusunan RPD harus memperhatikan beberapa isu strategi seperti pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024, dampak pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah Pusat kepada Kota Sukabumi, penerapan konsep Smart City, bencana dan degradasi lingkungan serta daya saing daerah dalam menunjang investasi.

Leave a Reply