Tim Validasi IGA Kunjungi Kota Sukabumi Menilai Dua Inovasi

Reporter : Riksan

Tim validasi Innovative Government Award (IGA) yang dipimpin oleh akademisi Universitas Indonesia, Profesor Muhammad Dimyati, mengunjungi Kota Sukabumi pada 4 Desember 2022, untuk melakukan penilaian lapangan terhadap dua inovasi yakni website covid – 19 serta Lapas Sehat dan Bugar (Lasegar) yang dikelola oleh Lapas Kelas II B Nyomplong bersama Pukesmas Pabuaran.

Wali Kota, Achmad Fahmi, dalam penyambutan tim penilai di Balai Kota menerangkan latar belakang dua inovasi yang dijagokan oleh Pemerintah Kota Sukabumi pada IGA tahun ini. Mengenai Lasegar, inovasi tersebut diselenggarakan untuk memberikan layanan setara tanpa diskriminasi bagi warga binaan Lapas. Sedangkan website covid – 19 dijadikan solusi dalam penyaluran bantuan sosial pada masa pandemi, untuk menghindari tumpang tindih data penerima.

Statement Wali Kota

Selesai penyambutan, tim validasi meneruskan kegiatannya dengan berkunjung ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk menilai langsung website covid – 19 di command center. Tim Validasi yang diterima oleh Kepala Diskominfo, Rahmat Sukandar, beserta jajaran Bidang Aptika, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Rita Fitrianingsih, Kepala Bappeda, Reni Rosyida Muthmainnah, serta perwakilan Dinas Sosial, menilai website tersebut sudah berjalan baik dan memberikan saran untuk pengembangan selanjutnya terutama terkait peningkatan fitur GIS.

Dalam penilaian lapangan yang melibatkan wawancara dengan para pengelola inovasi, tim validasi juga mengharapkan website covid – 19 bisa ditiru oleh Pemerintah Daerah lainnya.

Leave a Reply