Wali Kota Luncurkan Open Data Kota Sukabumi

Reporter : Hendriansyah

Wali Kota, Achmad Fahmi, meluncurkan Open Data Kota Sukabumi pada hari Senin, 5 Desember 2022, di Balai Kota dalam sebuah acara yang dirangkaikan dengan sosialisasi Perwal Nomor 9 Tahun 2022. Peluncuran tersebut dihadiri pula diantaranya oleh Wakil Wali Kota, Andri Setiawan Hamami, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Urip Sugeng Santoso, dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Pemerintah Kota Sukabumi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, dalam laporannya menyampaikan bahwa Open Data yang dikelola oleh pihaknya, merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia serta upaya untuk mewujudkan misi ke – 4 RPJMD yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Sedangkan Wali Kota dalam sambutannya menegaskan bahwa data memiliki fungsi strategis karena berbagai kebijakan dan perencanaan pembangunan harus berbasiskan data. Open Data juga merupakan upaya Pemerintah untuk menghadirkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, mudah diakses dan akuntabel.

Sementara Kepala Bidang Stadiksi Diskominfo, Eneng Rahmi, menjelaskan bahwa pasca peluncuran masyarakat dapat mengakses berbagai data yang bersifat terbuka melalui alamat opendata.sukabumikota.go.id. Pada peluncuran tersebut ditandatangani pula pakta integritas keterlibatan setiap OPD dalam open data.

Leave a Reply