Hujan Lebat Picu Longsor di Jl. Sudirman

Reporter : Hendriansyah

Hujan lebat dari sore hingga malam hari yang terjadi pada 5 Desember 2022, memicu rentetan bencana di Kota Sukabumi. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Imran Wardhani, saat ditemui pada 6 Desember 2022, menjelaskan bahwa pihaknya mencatat 21 lokasi bencana yang tersebar di empat kecamatan yakni Cibeureum, Cikole, Warudoyong dan Gunung Puyuh.

Dari sejumlah bencana tersebut, pihak BPBD mencatat dua lokasi mengalami dampak parah yaitu longsor di Jalan Jenderal Sudirman yang menghancurkan warung nasi  serta trotoar dilokasi tersebut, kemudian banjir di RW 11 Kelurahan Karang Tengah yang membuat 9 orang diungsikan ke Tempat Evakuasi Sementara (TESA) BPBD.

Ia menambahkan penanganan telah dilakukan oleh pihaknya dan beruntung dari sejumlah kejadian tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa.

Ia pun menghimbau agar masyarakat mewaspadai kondisi cuaca saat ini karena musim penghujan diprediksi akan berlangsung hingga bulan Februari 2023. Secara khusus bagi masyarakat yang bertempat tinggal disekitar bantaran sungai, diminta berhati – hati terutama jika hujan turun lebih dari satu jam. Selain itu ia pun menghimbau masyarakat selektif dalam menerima informasi dan menghindari kabar hoax mengenai bencana.

Leave a Reply