DISPUSIP KOTA SUKABUMI KEMBALI GALAKKAN SUGEMA

Reporter : Ratna Nurseha

Dalam rangka meningkatkan dan memberdayakan budaya literasi di Kota Sukabumi, khususnya literasi di lingkungan keluarga atau di rumah, dan mempercepat terbentuknya masyarakat yang literat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi menyelenggarakan sosialisasi Sukabumi Gemar Membaca atau Sugema di Gedung Juang 45, hari Sabtu, 29 Juli 2017.

Acara yang mengambil tema ‘Keluarga sebagai perpustakaan pertama dan utama untuk membentuk masyarakat yang literat’ ini, dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, SH., MM. Selain sosialisasi Sugema, pada kesempatan tersebut juga dikukuhkan Bunda Literasi Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Sukabumi oleh Bunda Literasi Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz, SE.

Sosialisasi ini menghadirkan nara sumber Dr. Dewi Utama Faizah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Oom Nurrohmah, dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Barat, serta Pendongeng Kak Rona,, Kak Palupi, dan Kak Elis.

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, SH., MM., dalam sambutannya menandaskan, dengan diselenggarakannya sosialisasi Sugema ini anak-anak diharapkan menjadi senang dan kembali membaca buku dan hal itu dimulai dari keluarga. Karena saat ini budaya membaca di lingkungan keluarga sudah mulai pudar, seiring perkembangan teknologi, anak dan orangtua lebih sengang bermain gawai ketimbang berkumpul untuk mendengarkan dongeng. Untuk itu, acara ini diharapkan dapat mengembalikan budaya literasi, mulai dari lingkungan keluarga, karena rumah atau keluarga merupakan perpustakaan yang pertama dan utama.

Sementara itu, Kepala Dispusip Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, SH., MH., menjelaskan, kegiatan Sugema ini adalah program literasi di rumah atau di keluarga. Orangtua sudah seharusnya kembali memperkenalkan budaya literasi dalam keluarga, yakni dengan memperkenalkan buku kepada anak-anak, ibu mendongeng untuk anak, dan orangtua menjadi teladan untuk kembali membaca buku.