Diskominfo Mendapatkan Penghargaan Perangkat Daerah Terinovatif

Reporter : Riksan

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi bersama beberapa perangkat daerah mendapatkan penghargaan Wali Kota sebagai Perangkat Daerah Inovatif dalam Festival Inovasi Daerah yang diadakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Sukabumi. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Bappeda, Reni Rosyida Muthmainnah, kepada Sekretaris Diskominfo, Yemmi Yohanni, dalam Malam Apresiasi Inovator pada 21 Desember 2022 di Hotel Asana Grand Pangrango Bogor.

Adapun inovasi Diskominfo yang meraih penghargaan adalah website covid – 19 yang digunakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi sebagai wadah informasi mengenai penanggulangan pandemi.

Selain itu berdasarkan keterangan Wali Kota, Achmad Fahmi, ketika menerima tim validasi Innovative Government Award (IGA) Kementerian Dalam Negeri pada 4 Desember lalu, website covid  – 19 difungsikan pula dalam penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat selama masa pandemi. Melalui website ini masyarakat bisa mengetahui status dirinya dan mengajukan bantuan apabila berhak serta belum tercatat sebagai penerima.

Meski pandemi telah melandai, namun seperti harapan tim Validasi IGA Kementerian Dalam Negeri, website dapat dipertahankan dan difungsikan untuk keperluan lainnya sembari ditingkatkan fiturnya terutama terkait penggunaan GIS atau sistem informasi geografis.

Leave a Reply