WALIKOTA SUKABUMI MELEPAS KONTINGEN JAMDA PRAMUKA JAWA BARAT TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., selaku Ketua Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, pada kesempatan Apel Pagi Pegawai, hari Senin, 31 Juli 2017, di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi, secara resmi melepas Kontingen Pramuka Penggalang Kota Sukabumi, untuk mengikuti Jamda (Jambore Daerah) Pramuka Jawa Barat Tahun 2017, di Buper (Bumi Perkemahan) Letjen H. Mashudi, Kiara Payung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi menjelaskan, sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, bahwa gerakan pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan, mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda, sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup, untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global.

Adapun prestasi yang sudah diraih Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, diantaranya sebagai Gerakan Pramuka teraktif di Jawa Barat dan Indonesia, serta salah seorang Anggota Pramuka Penggalang Kota Sukabumi, menjadi Komandan Upacara pada Upacara Peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Gerakan Pramuka Tingkat Nasional.

Selain itu, Kota Sukabumi juga senantiasa berhasil meraih prestasi dalam berbagai bidang di tingkat regional dan nasional, diantaranya dalam AKIP (Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) selama 8 tahun berturut-turut, Indeks Kepuasan Publik Kepemimpinan Kepala Daerah tertinggi di Jawa Barat yang dilaksanakan oleh UNPAD (Universitas Padjadjaran) Bandung,  LSS (Lomba Sekolah Sehat) dan Sekolah Adiwiyata, KLA (Kota Layak Anak), Inovasi Pelayanan Publik dalam Bidang Kesehatan masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional, serta dalam smart city Kota Sukabumi menempati peringkat 8 kota yang siap mengimplementasikan konsep smart city.

Untuk itu, Walikota Sukabumi meminta kepada seluruh Anggota Kontingen Pramuka Penggalan Kota Sukabumi yang mengikuti Jamda Provinsi Jawa Barat Tahun 2017 ini, agar berupaya optimal menjaga nama baik Kota Sukabumi, dengan senantiasa melaksanakan dan mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Sementara Kepala Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd., selaku Wakil Ketua Bidang Orgakum (Organisasi dan Hukum) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi menjelaskan, Jamda Pramuka Jawa Barat Tahun 2017 ini, dijadualkan berlangsung selama 6 hari, tepatnya dari tanggal 31 Juli 2017 sampai dengan tanggal 5 Agustus 2017. Sedangkan Kontingen Pramuka Penggalang Kota Sukabumi yang mengikuti Jamda Pramuka ini, seluruhnya berjumlah 139 orang, perwakilan dari 7 Kwaran (Kwartir Ranting) Gerakan Pramuka se Kota Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten Daerah dan Staf Ahli Walikota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Ketua dan para Wakil Ketua Bidang Kwarcab (Kwartir Cabang) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, para Ketua Kwaran dan Gusus Depan, para Pembina, Pelatih dan Instruktur Pramuka, serta para orang tua dan para tamu undangan lainnya.