KOTA SUKABUMI MASUK 5 BESAR PENGHARGAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI JAWA BARAT TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kota Sukabumi masuk 5 besar Penghargaan Intensifikasi Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor di Jawa Barat Tahun 2017. Hal tersebut diketahui, saat Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., menghadiri langsung proses penilain seleksi tahap akhir pemberian Penghargaan Intensifikasi Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor di Jawa Barat Tahun 2017, di Balroom Ibis Bandung, tepatnya tanggal 26 Juli 2017.

Penghargaan tersebut, akan diserahkan oleh Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Provinsi Jawa Barat, dengan sejumlah kategori kepada berbagai pihak, dari mulai kepada wajib pajak, kader penggerak taat pajak, Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, serta kepada Pemerintah Kecamatan dan Kantor CPPD (Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah) di setiap Kabupaten dan Kota di Jawa Barat.

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menjelaskan, tahapan seleksi yang dilaksanakan oleh Bapenda Provinsi Jawa Barat ini, meliputi kepedulian pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan wajib pajak kendaraan bermotor di setiap daerahnya masing-masing, serta peran pemerintah daerah dalam membantu Kantor CPPD di daerahnya masing-masing. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi sudah berupaya optimal mendorong dan menyukseskan pemungutan pajak kendaraan bermotor di Kota Sukabumi, bekerja sama dengan Kantor CPPD Kota Sukabumi.

Adapun maksud dan tujuannya, selain untuk mendorong dan menyukseskan pemungutan pajak kendaraan bermotor di Kota Sukabumi, juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi, melalui penyerapan anggaran bagi hasil dengan Bapenda Provinsi Jawa Barat. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berkomitmen dan berupaya optimal mendorong dan menyukseskan pemungutan pajak kendaraan bermotor di Kota Sukabumi. Karena hasil dari pemungutan dan pengumpulan pajak kendaraan bermotor ini, ada bagian untuk daerah sebesar 30 persen, dari total hasil pemungutan dan pengumpulan pajak kendaraan bermotor di daerahnya masing-masing, untuk digunakan biaya pembangunan.

Untuk itu, Walikota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya yang telah berpartisipasi secara aktif dalam setiap proses Penilaian Penghargaan Intensifikasi Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor ini, sehingga Kota Sukabumi masuk 5 besar di Jawa Barat. Disamping itu, juga dapat memberikan kontribusi yang sangat baik dan positif kepada Kota Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat, khususnya dalam mendorong dan menyukseskan pemungutan pajak kendaraan bermotor.