DIKLAT CALON ANGGOTA PASKIBRAKA TINGKAT KOTA SUKABUMI TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas P dan K (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, menyelanggarakan Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Calon Anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017. Upacara Pembukaan Diklat tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd., selaku Pembina Upacara, bertempat di Lapangan Apel Dinas P dan K Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 28 Juli 2017. Hadir pada kesempatan tersebut, unsur dari TNI dan Polri serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Diklat tersebut, merupakan salah satu bentuk peran aktif Dinas P dan K Kota Sukabumi, dalam menyiapkan Calon Anggota Paskibraka Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017. Disamping itu, juga untuk memupuk semangat kebangsaan, nasionalisme dan jiwa patriotisme serta cinta tanah air di kalangan pemuda, sebagai penerus pejuang dan cita-cita bangsa, sekaligus sebagai salah satu upaya untuk melatih kesigapan dan keterampilan Calon Anggota Paskibraka, agar dapat tampil maksimal, baik secara fisik maupun secara mental.

Sementara Kepala Bidang GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Dinas P dan K Kota Sukabumi, Mohamad Hasan Asari, M.Pd. menjelaskan, menjadi Calon Anggota Paskibraka merupakan kesempatan yang patut disyukuri bersama, karena banyak nilai-nilai positif yang bisa diperoleh dari Diklat ini. Diantaranya kedisiplinan, gemar bekerja keras, kreatif, inovatif dan berakhlak mulia, demi kemajuan bangsa dan negara, sekaligus menjaga keutuhan bangsa dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Dalam pada itu, PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) Paskibraka Tingkat Kota Sukabumi, H. Junaeni S.Ag., M.Si. menjelaskan, Calon Anggota Paskibraka Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, seluruhnya berjumlah 32 orang Pelajar SMA dan SMK se Kota Sukabumi, hasil seleksi yang diikuti oleh 300 orang Pelajar SMA dan SMK se Kota Sukabumi, tepatnya pada Bulan April 2017 yang lalu, oleh Tim Seleksi, yang terdiri dari unsur Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Kota Sukabumi, Setda Kota Sukabumi, Dinas P dan K Kota Sukabumi, dan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, dari sebanyak 32 orang Calon Anggota Paskibraka tersebut, terpilih 3 orang Calon Anggota Paskibraka putera dan puteri, mewakili Kota Sukabumi untuk menjadi Calon Anggota Paskibraka Tingkat Propinsi Jawa Barat.

Lebih jauh PPTK Paskibraka Tingkat Kota Sukabumi menjelaskan, seluruh Calon Anggota Paskibraka tersebut, akan dididik tentang kedisiplinan dan tanggung jawab, serta dilatih ketahanan fisik, keterampilan baris berbaris dan konsentrasi. Maksud dan tujuannya, supaya pada saat melaksanakan Tugas Pengibaran Duplikat Bendera Pusaka pada Peringatan Ke 72 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tingkat Kota Sukabumi, tanggal 17 Agustus 2017 mendatang, yang dijadualkan berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai harapan semua pihak.