PEMKOT SUKABUMI DAN BPJS KETENAGAKERJAAN SERAHKAN SANTUNAN UNTUK PEKERJA MIGRAN

Reporter : Arif Hidayat

Keluarga Andra Anriana, Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang meninggal di korea akibat sakit, menerima santuan dari Pemerintah Kota Sukabumi dan BPJS ketenagakerjaan Cabang Sukabumi. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Abdurrahman, dan Kepala BPJS Ketengakerjaan, Oki Widya Gandha,  Senin, 16 Januari 2023, di kediaman jalan Tipar Kota Sukabumi.

Wali Kota menjelaskan, beberapa waktu lalu Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Tenaga Kerja memproses kepulangan jenazah Andra. Proses kepulangan jenazah berjalan dengan lancar dan telah dimakamkan di Sukabumi. Selain Pemkot Sukabumi, BPJS Ketenagakerjaan juga menyerahkan dukungan bantuan sebesar 85 juta rupiah. Wali kota mengharapkan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi ahli warisnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketegakerjaan Cabang Sukabumi, Oki Widya Gandha mengatakan, bahwa pekerja migran yang bekera di luar negeri terlindungi sejak 5 bulan masa pelatihan, 25 bulan selama berada di luar negri, 1 bulan masa persiapan pulang, dan 1 bulan saat kembali ke negara asal. Premi yang dibayarkan pekerja adalah 375.000 rupiah. Sedangkan santunan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan untuk biaya kematian, kecelakaan, dan meninggal sebesar 85 juta rupiah.

Leave a Reply