STOK GARAM DI KOTA SUKABUMI AMAN DAN MENCUKUPI KEBUTUHAN WARGA MASYARAKAT

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, stok Garam di Kota Sukabumi masih aman dan mencukupi kebutuhan warga masyarakat. Namun selama kurang lebih dua minggu terakhir, harganya di pasar tradisonal di Kota Sukabumi mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni mencapai 200 sampai dengan 300 persen.

Ditandaskan pula, kendati harga garam di Kota Sukabumi mengalami kenaikan yang cukup signifikan, tapi tidak terlalu berpengaruh kepada warga masyarakat, karena kebutuhan gram di setiap keluarga tidak banyak seperti kebutuhan pokok lainnya. Sebab setiap keluarga rata-rata hanya membeli garam satu kali, untuk memenuhi kebutuhan satu bulan. Yang penting garamnya ada dan bisa dibeli oleh warga masyarakat. Selanjutnya ditandaskan, kenaikan harga garam tersebut masih dalam batas kewajaran, serta masih terjangkau oleh berbagai lapisan warga masyarakat. Hanya saja kenaikan cukup tinggi, yakni dari harga eceran yang semula Rp. 500,00 menjadi Rp. 1.500,00 sampai dengan Rp. 2.000,00.

Lebih jauh Walikota Sukabumi menandaskan, masalah kenaikan harga garam ini, sudah dibahas secara nasional, sebab sudah menjadi masalah nasional. Dengan demikian, upaya untuk mengendalikan harga garam ini sudah menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. Selain itu juga ditandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi tidak bisa mengendalikan pasokan dan harga garam. Sebab Kota Sukabumi tidak memproduksi garam, tapi hanya mendapat pasokan dari daerah lain. Yang menjadi masalah, yakni di lokasi-lokasi produsen garamnya, kenapa harganya bisa naik cukup tinggi.

Sementara Kepala Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah/ Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. menjelaskan, harga barang-barang pokok dan barang-barang penting strategis lainnya di Kota Sukabumi relatif stabil, serta fluktuasi harganya masih dalam batas kewajaran. Disamping itu juga dijelaskan, stok barang-barang kebutuhan pokok dan barang-barang penting strategis lainnya, di Kota Sukabumi cukup tersedia, serta penyaluran dan pendistribusian barang-barang tersebut dalam kondisi aman dan lancar.