Tingkatkan Literasi, SDN Bunut Biasakan Siswanya Membaca Buku

Reporter : Hendriansyah

SDN Bunut Kecamatan Warudoyong dalam upaya meningkatkan budaya literasi disekolahnya menerapkan beberapa kebiasaan bagi peserta didik seperti membaca buku minimal lima menit sebelum proses belajar dimulai.

Kepala Sekolah, Dede Pramulyana, ketika ditemui pada hari Rabu, 25 Januari 2023, menerangkan kebiasaan lainnya yang diterapkan adalah setiap hari Senin hingga Rabu para siswa diwajibkan untuk membaca buku dan hari Kamis mereka diminta unuk membuat ulasan buku yang telah tuntas dibaca serta memaparkannya dikelas.

Ia menjelaskan hal ini bertujuan untuk melatih tanggung jawab siswa, meningkatkan daya baca untuk menambah pengetahuan serta melatih kepercayaan diri siswa. Sejauh ini menurutnya stok buku yang ada di perpustakaan sekolah dalam kondisi mencukupi karena mendapatkan suplai dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sukabumi.

Sejalan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), pihak SDN Bunut akan menggelar pameran yang juga akan menampilkan hasil karya literasi para peserta didik.

Leave a Reply