KOTA SUKABUMI KEMBALI MERAIH PIALA ADIPURA UNTUK KE 5 KALINYA SECARA BERTURUT-TURUT

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kota Sukabumi kembali meraih Piala Adipura kategori Kota Sedang, untuk ke 5 kalinya secara berturut-turut, tepatnya sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2017. Piala tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., kepada Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., beserta para Bupati dan Walikota lainnya yang mendapat piala tersebut, tepatnya tanggal 2 Agutus 2017, di Gedung Manggala Wana Bhakti Jakarta. Selain meraih kembali Piala Adipura, SMA Negeri 1 Kota Sukabumi pun berhasil meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri, karena dinilai telah berhasil dalam mengelola lingkungan hidup di lingkungan sekolahnya, serta melakukan pembinaan terhadap 10 sekolah lainnya di Kota Sukabumi.

Setelah menerima piala tersebut, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., didampingi Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si. menyatakan sangat bersyukur atas diraihnya kembali Piala Adipura ini. Dikatakannya, keberhasilan ini merupakan keberhasilan dan kerja keras semua pihak, yakni pemerintah dan segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya DLH Kota Sukabumi, yang senantiasa berupaya optimal menjaga kebersihan dan keteduhan serta kesehatan lingkungan di wilayah Kota Sukabumi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Walikota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, seraya mengharapkan, agar upaya dalam menjaga kebersihan dan keteduhan serta kesehatan lingkungan di Kota Sukabumi ini, senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan lagi. Karena masih banyak tantangan yang dihadapi Kota Sukabumi, khususnya dalam upaya menjaga kebersihan dan keteduhan serta kesehatan lingkungan di Kota Sukabumi. Selain itu Walikota Sukabumi menjelaskan, terwujudnya dan meningkatnya kebersihan dan keteduhan serta kesehatan lingkungan di Kota Sukabumi ini, menjadi dambaan semua pihak, yakni pemerintah dan segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi.

Sementara Kepala DLH Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si. menjelaskan, Indikator Adipura ini yakni bersih, teduh dan sehat secara berkelanjutan, serta Kota Sukabumi sudah memenuhi indikator tersebut, dengan melakukan pengelolaan sampah secara optimal, dari mulai sumbernya hingga ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyak dan bertambahnya jumlah TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduse dan Recycle) di Kota Sukabumi, serta berkembangnya Bank Sampah dan penataan di TPA. Disamping itu, juga kesadaran seganap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi dalam melaksanakan pengelolaan sampah melalui program 3R, mulai meningkat dan berkembang.

Sedangkan untuk mewujudkan Kota Sukabumi yang teduh, DLH Kota Sukabumi sudah dan akan senantiasa berupaya optimal melakukan penambahan dan penataan RTH (Ruang Terbuka Hijau), baik berupa taman maupun hutan kota serta taman lingkungan di wilayah Kota Sukabumi secara berkelanjutan. Hasilnya cukup memuaskan dan membanggakan semua pihak. Buktinya selain berhasil kembali meraih Piala Adipura untuk ke 5 kalinya secara berturut-turut, juga terus bertambahnya Sekolah Adiwiyata dan semakin berkembangnya Program Kampung Iklim Masyarakat di Kota Sukabumi.