SEBANYAK 12 RIBU LEBIH PELAJAR SMP DAN SMA SEDERAJAT DI KOTA SUKABUMI BERHASIL DIEDUKASI HIV-AIDS

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 12 ribu lebih pelajar SMP dan SMA sederajat di Kota Sukabumi, berhasil diedukasi HIV-AIDS oleh KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Sukabumi, melalui kegiatan KPA Go To School, tepatnya pada kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) tahun 2017. Wakil Walikota Sukabumi selaku Ketua KPA Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. menjelaskan, kegiatan sosialisasi HIV-AIDS kepada pelajar ini, sudah berlangsung selama 4 tahun, tepatnya sejak tahun 2014 sampai dengan tahun 2017. Namun untuk tahun 2017 ini, pihak KPA Kota Sukabumi sengaja memperluas jangkauan, dengan mengedukasi pelajar SMP sederajat. Sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan edukasi HIV-AIDS ini, hanya dilakukan kepada para pelajar SMA sederajat saja. Adapun total sekolah yang diedukasi dalam tahun 2017 ini, yakni mencapai 64 SMP dan SMA sederajat se Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, tren penyebaran virus HIV-AIDS saat ini, ditularkan dari remaja usia 12 sampai dengan 24 tahun, baik laki-laki maupun perempuan, diantaranya melalui seks bebas dan sesama jenis, serta penyalahgunaan narkoba dan tato.

Dikatakannya, kegiatan edukasi HIV-AIDS ini sengaja dilakukan kepada para pelajar SMP dan SMA sederajat. Karena peningkatan kasus HIV-AIDS, khususnya di Kota Sukabumi dan umumnya di Indonesia, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini tertinggi pada remaja usia 12 tahun sampai dengan 24 tahun. Adapun penularannya diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya melalui pergaulan bebas yang mengarah pada seks bebas dan sesama jenis, serta penyalahgunaan narkoba dan tato.

Berkaitan dengan hal tersebut, KPA Kota Sukabumi berupaya optimal mengedukasi para pelajar SMP dan SMA sederajat di Kota Sukabumi, untuk mencegah dan menekan penyebaran virus HIV-AIDS di kalangan pelajar, dengan memperbaiki dan meningkatkan mentalnya serta keimanan dan ketaqwaannya, sekaligus menjauhi berbagai perilaku yang negatif, seperti seks bebas dan sesama jenis serta penyalahgunaan narkoba dan tato. Disamping itu, KPA Kota Sukabumi juga senantiasa berupaya optimal melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada para pelajar dan mahasiswa, untuk mengantisipasi penularan dan penyebaran virus HIV-AIDS, khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa di Kota Sukabumi.

Selain itu, Wakil Walikota Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah mendukung dan membantu kegiatan KPA Go To School ini, khususnya kepada BP3 (Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan) Wilayah I Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, serta DP2KBP3APM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi.