PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KEBUTUHAN DUNIA KESEHATAN SAAT INI SEMAKIN PESAT DAN TINGGI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., selaku Ketua Yayasan Kusumah Bangsa Kota Sukabumi yang menaungi Politeknik Sukabumi dan STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Sukabumi menandaskan, perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia kesehatan, saat ini semakin pesat dan tinggi. Untuk itu, dalam menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi telah membuat program prioritas di bidang kesehatan, diantaranya melalui Inovasi CETEK (Cukup E-KTP dan Kartu Keluarga) Pelayanan Gratis Kesehatan hingga Rawat Inap di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) AL-Mulk Kota Sukabumi, bagi warga masyarakat Kota Sukabumi.

Selain itu, bagi warga masyarakat Kota Sukabumi yang kurang mampu dan belum menjadi Anggota BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal memfasilitasi warga masyarakat tersebut, untuk menjadi Anggota BPJS Kesehatan, serta seluruh pembiayaannya ditanggung oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Hal tersebut sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Penandasan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Seminar dan Workshop HIMA (Himpunan Mahasiswa) D-III Kebidanan STIKES Sukabumi, hari Rabu, 9 Agustus 2017, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua beserta jajaran Civitas Akademika STIKES Sukabumi, para nara sumber dan para tamu undangan lainnya.

Disamping itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga menghimbau kepada seluruh Mahasiswa D-III Kebidanan STIKES Sukabumi yang menjadi peserta Seminar dan Workshop Kebidanan ini, untuk senantiasa berupaya optimal menyiapkan diri, khususnya dalam menghadapi era globalisasi dan teknologi yang berkembang saat ini, dengan berbagai ilmu kebidanan dan kedokteran lainnya. Maksud dan tujuannya, supaya seluruh Mahasiswa D-III Kebidanan STIKES Sukabumi ini, tidak hanya terpaku pada ilmu kebidanan saja, tapi juga dengan ilmu kedokteran lainnya. Dengan demikian, seluruh Mahasiswa D-III Kebidanan STIKES Sukabumi ini dapat bersaing, baik dilevel regional dan nasional maupun di level internasional.