SALAH SATU NEGARA YANG DINILAI POTENSIAL SEBAGAI PEMASOK TENAGA KERJA YAKNI NEGARA INDONESIA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., salah satu negara yang dinilai potensial sebagai pemasok tenaga kerja, yakni Negara Indonesia. Untuk itu, hal tersebut sangat perlu disosialisasikan kepada segenap lapisan warga masyarakat, khususnya kepada para pelajar dan mahasiswa, terutama tentang SDM (Sumber Daya Manusia) dan pendidikan yang harus senantiasa diperhatikan oleh segenap lapisan warga masyarakat.

Penandasan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat membuka secara resmi sekaligus memberi materi pada Seminar Tentang Peluang Kerja dan Informasi Magang Kerja di Jepang, yang diselenggarakan oleh STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Alfath Kota Sukabumi dan SMK IT (Informasi dan Teknologi) Alfath Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 12 Agustus 2017, di Pontren (Pondok Pesantren) Dzikir AL-Fath Kota Sukabumi.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi sangat menyambut baik dan apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Alfath, yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Dijelaskannya, ada beberapa faktor yang harus diketahui oleh semua pihak, khususnya yang akan menghadapi dunia pekerjaan, diantaranya Membangun Pendidikan Terpadu Berbasis Vokasional.

Dijelaskan pula, KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) sebagaimana yang tertera dalam Perpres (Peraturan Presiden) RI Nomor 8 Tahun 2012 tepatnya pada ayat 1, yakni kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja, dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

Selain itu juga dijelaskan, KKNI ini merupakan perwujudan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia, terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki Indonesia. Pesatnya pembangunan dan tingginya tingkat permintaan warga masyarakat akan pendidikan tinggi yang berkualitas, diperlukan Perguruan Tinggi sesuai dengan kebutuhan warga masyarakat. Dengan langkah strategis dan dukungan tersedianya lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas dalam menghasilkan SDM yang profesional, serta berbudaya baik dan memenuhi kebutuhan dunia kerja.

Lebih jauh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menjelaskan, pemerintah sudah melaksanakan program pendidikan yang bagus di Kota Sukabumi, diantaranya sudah ada PTN (Perguruan Tinggi Negeri), yakni IPB (Institut Pertanian Bogor) Sukabumi, yang sebentar lagi akan dibangun Gedung Kampusnya. Diharapkannya, dengan sudah adanya PTN tersebut, dapat memberikan hal yang postif, khususnya dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang seluas-luasnya kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya.

Sementara Ketua Yayasan Alfath, Dr. K.H. Muhammad Fajar Laksana, S.E., CQM., M.M. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Seminar Tentang Peluang Kerja dan Informasi Magang Kerja di Jepang ini, selain dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 72 Kemerdekaan RI Tahun 2017, juga untuk memberikan motivasi dan pembelajaran kepada seluruh peserta seminar, untuk mendapatkan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran di Kota Sukabumi.