SEBANYAK 20 ORANG PRAMUKA KOTA SUKABUMI SEDANG MENGIKUTI RAINAS XI PRAMUKA TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 20 orang Pramuka Kota Sukabumi yang terdiri dari 12 orang Pramuka Putera dan 8 orang Pramuka Puteri, saat ini sedang mengikuti Rainas (Raimuna Nasional) XI Pramuka Tahun 2017, di Buperta (Bumi Perrkemahan dan Graha Wisata) Cibubur, Jakarta Timur, tepatnya dari tanggal 13 sampai dengan 21 Agustus 2017//

Keberangkatan ke 20 orang Pramuka tersebut, dilepas secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., selaku Ketua Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 11 Agustus 2017. di Operation Room Setda Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, Rainas Pramuka ini, merupakan kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega, yang merupakan gabungan dan kegiatan Perpanitra (Pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega Putera dan Puteri), dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diantaranya untuk membina dan mengembangkan persaudaraan serta persatuan dan kesatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pandega, sekaligus mengarahkan dan membentuk kemampuan untuk mandiri dalam kehidupan, serta dapat menjadi magnet kegiatan anak muda dan menjadi inspirasi di kalangan warga masyarakat.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan Pramuka, dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita bangsa dan negara serta tujuan pembangunan nasional, sebagaimana yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta menciptakan ketertiban dunia, berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Untuk itu, Walikota Sukabumi meminta kepada seluruh Pramuka yang mengikuti kegiatan tersebut, agar senantiasa berupaya optimal menjaga kesehatan dan stamina, termasuk persatuan dan kesatuan serta nama baik Kota Sukabumi, supaya dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan lancar.