BPBD KOTA SUKABUMI MEMPERBAIKI IRIGASI DAN SALURAN AIR

Reporter : ENDANG SUMARDI

BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, memperbaiki irigasi dan saluran air, diantaranya di wilayah Cijeungjing Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Maksud dan tujuannya, seperti dijelaskan Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Drs. Asep Suhendrawan, untuk memenuhi kebutuhan air area persawahan warga masyarakat di wilayah Kelurahan Babakan Kecamatan Cibeureum. Selain itu, BPBD Kota Sukabumi juga terus berupaya optimal melakukan koordinasi dengan berbagai instansi dan lembaga terkait lainnya, termasuk dengan pihak kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Sukabumi, khususnya dalam mengantisipasi dan menangani dampak kekeringan di wilayah Kota Sukabumi, seperti kebutuhan air untuk mengairi area persawahan dan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari warga masyarakat.

Menyinggung wilayah rawan yang sering terkena dampak kekeringan di Kota Sukabumi, menurut Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, berdasarkan data tahun lalu terbilang cukup banyak. Diantaranya wilayah Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, Kelurahan Gunung Puyuh, Kelurahan Karamat dan Kelurahan  Karang Tengah Kecamatan Gunung Puyuh, serta Kelurahan Sukakarya Kecamaatan Warudoyong. Selanjutnya wilayah Kelurahan Nanggeleng dan Kelurahan Cikondang Kecamatan Citamiang, Kelurahan Baros dan Kelurahan Jayamekar Kecamatan Baros, Kelurahan Babakan, Kelurahan Cibeureum Hilir dan Kelurahan Sindang Palay Kecamatan Cibeureum,  serta Kelurahan Cipanengah, Kelurahan Sindangsari dan Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu.

Dikatakannya, untuk wilayah Kelurahan Cisarua, Kelurahan Karamat, Kelurahan Nanggeleng, Kelurahan Baros, Kelurahan Cibeureum Hilir, Kelurahan Babakan dan Kelurahan Cipanengah, keluhan yang disampaikan warga masyarakat lebih banyak pada kebutuhan air bersih. Sedangkan untuk wilayah Kelurahan Gunung Puyuh, Kelurahan Karang Tengah, Kelurahan Sukakarya, Kelurahan Baros, Kelurahan Jayamekar, Kelurahan Cibeureum Hilir, Kelurahan Sindang Palay, Kelurahan Sindang Sari dan Kelurahan Cikundul, keluhan yang disampaikan warga masyarakat lebih banyak pada kebutuhan air untuk mengairi area persawahan.

Dikatakan pula, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga masyarakat, pihak BPBD Kota Sukabumi sudah melakukan koordinasi dengan pihak PDAM TBW (Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa) Kota Sukabumi, diantaranya dengan membuat sumur bor, serta jaringan pipa air bersih supaya bisa masuk ke lokasi warga masyarakat yang rawan terjadi kekeringan. Sementara untuk memenuhi kebutuhan air area persawahan warga masyarakat, pihak BPBD Kota Sukabumi sudah melakukan koordinasi dengan pihak DKP-PP (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi. Sebab masalah kekeringan area persawahan, bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya dikarenakan airnya tidak ada dan bisa diakibatkan oleh mesin air yang tidak berfungsi atau rusak.