PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SUDAH SIAP MENUJU 100 SMART CITY

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., Pemerintah Kota Sukabumi sudah siap menuju 100 Smart City. Sebab seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi sudah memiliki aplikasi sendiri, serta sedang diintegrasikan dalam satu sistem. Maksud dan tujuannya, supaya segenap lapisan warga masyarakat dapat lebih mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.

Penandasan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi pengarahan sekaligus membuka secara resmi Bimtek (Bimbingan Teknis) Penyusunan Master Plan dan Quick Win menuju 100 Smart City, di Ruangan Rapat Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 23 Agustus 2017.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Informasi Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, H. Yuli Noviawan, S.T., M.T., Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Diskominfo Kota Sukabumi, Ilham Gunawan, S.IP., PLT Kasi Infrastruktur TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Diskominfo Kota Sukabumi, Gian Purnama, S.T., beserta perwakilan dari SKPD terkait lainnya.

Ditandaskan pula, Pimpinan Daerah di Kota Sukabumi sangat mendukung dan konsen mengimplementasikan Smart City di Kota Sukabumi, sesuai dengan pesatnya dan perkembangan teknologi informasi saat ini. Untuk mewujudkan Smart City di Kota Sukabumi, selain memanfaatkan infrastruktur dan suprastruktur yang dimiliki saat ini, Pemerintah Kota Sukabumi juga melakukan kerja sama dengan pihak swasta, khususnya dalam hal penyediaan layanan teknologi informasi, dengan dibangunnya beberapa titik layanan internet gratis bagi warga masyarakat di ruang-ruang publik, seperti di Taman Lapangan Merdeka, Taman Urang, Taman Cikondang, Setda (Sekretariat Daerah) Kota Sukabumi, Dispusip (Dinas Perpustakaan Umum dan Kearsipan) Kota Sukabumi, serta dalam waktu dekat akan disediakan pula di area Terminal Tipe A. K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi.

Lebih jauh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menandaskan, selain bekerja sama dengan pihak swasta, Pemerintah Kota Sukabumi juga memanfaatkan potensi Perguruan Tinggi yang ada di Kota Sukabumi, seperti Politeknik Sukabumi, UMMI (Universitas Muhammadiyah Sukabumi), untuk memaksimalkan potensi yang ada di Kota Sukabumi serta untuk mempermudah pelayanan publik, dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dalam pada itu, Kepala Bidang Informasi Diskominfo Kota Sukabumi, H. Yuli Noviawan, S.T., M.T. mengatakan, Smart City adalah Konsep Kota Cerdas, yang dirancang untuk membantu berbagai kegiatan warga masyarakat, khususnya dalam mengelola sumber daya yang ada, serta untuk mempermudah warga masyarakat dalam mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. Dikatakan pula, pada Tahun 2017 ini, Kota Sukabumi merupakan salah satu kota terpilih dari 25 kota dan kabupaten di Indonesia, yang menjadi Pilot Project atau Proyek Percontohan Smart City di Indonesia. Adapun ke 25 kota dan kabupaten se Indonesia ini, terpilih dalam kegiatan Assessment Gerakan Menuju 100 Smart City, yang dilaksanakan oleh Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), bekerja sama dengan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi), KemenPPN/Bappenas (Kementerian Perencenaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), KemenPU-PR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), serta Kantor Staf Presiden.