PROGRAM CETEK KOTA SUKABUMI DAPAT PENGHARGAAN 40 KARYA INOVASI PELAYANAN PUBLIK TERBAIK TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Program CETEK (Cukup E-KTP dan Kartu Keluarga) Pemerintah Kota Sukabumi, mendapat Penghargaan 40 Karya Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2017, untuk Propinsi, Kabupaten dan Kota serta Kementerian dan Lembaga se Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menko PMK (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) RI, Puan Maharani, mewakili Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, kepeda Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., beserta para Gubernur, Bupati dan Walikota serta perwakilan dari Kementerian dan Lembaga, tepatnya tanggal 25 Agustus 2017, pada acara Pekan Kerja Nyata Gerakan Revolusi Mental, di Stadion Manahan Solo, Kota Surakarta, Propinsi Jawa Tengah.

Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 15.000 orang, utusan dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota, Komunitas Warga Masyarakat, Dunia Usaha, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Wanita, serta Mahasiswa dan para tamu undangan lainnya.

Usai menerima penghargaan tersebut, Walikota Sukabumi mengucap sukyur alhamdulillah, karena Pemerintah Kota Sukabumi mendapat kembali penghargaan dari Pemerintah Pusat, sebagai kota yang telah berhasil menerapkan Karya Inovasi Pelayanan Publik secara baik, yakni Program CETEK Pelayanan Kesehatan Gratis, untuk warga masyarakat Kota Sukabumi.

Walikota Sukabumi menjelaskan, program tersebut sebelumnya mendapat Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik se Indonesia, yang diikuti oleh 3.050 Inovasi Pelayanan Publik, yang diajukan oleh setiap daerah Propinsi, Kabupaten dan Kota serta Kementerian dan Lembaga se Indonesia. Selanjutnya dijelaskan, dari 99 Inovasi Pelayanan Publik tersebut, dilaksanakan penilaian kembali menjadi 40 Karya Inovasi Pelayanan Publik Terbaik, diantarana Program CETEK Pemerintah Kota Sukabumi masuk di dalamnya.

Selain itu juga dijelaskan, ke 40 Karya Inovasi Pelayanan Publik tersebut, mewakili kombinasi dan kategori, serta kluster lembaga dan kewilayahan. Adapun kategori dan indikatornya, yakni pelayanan langsung, tata kelola pemerintahan dan perubahan sosial. Selanjutnya kluster lembaga, terdiri dari Kementerian, Lembaga, Kabupaten, Kota dan BUMN. Sedengkan untuk kewilayahan, terdiri dari Kelompok A, yakni Sumatera, Jawa dan Bali, Kelompok B, Kalimantan dan Sulawesi, serta Kelompok C, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua.

Walikota Sukabumi menandaskan, penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras semua pihak, yakni Pemerintah Kota Sukabumi dan partisipasi warga masyarakat Kota Sukabumi terhadap program tersebut. Untuk itu, Walikota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), instansi dan lembaga terkait serta kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, seraya mengharapkan, agar semua pihak senantiasa berupaya optimal mendukung dan membantu, terhadap pelaksanaan program tersebut. Selain itu Walikota Sukabumi juga mengharapkan, dengan meraihnya penghargaan tersebut, bisa menjadi pemicu bagi Pemerintah Kota Sukabumi, untuk senantiasa dan lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan yang terbaik kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi.