JUMLAH PENCAKER DI KOTA SUKABUMI SELAMA 2 TAHUN TERAKHIR INI MENGALAMI PENURUNAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala Seksi Penempatan Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kota Sukabumi, Mohamad Sini, S.IP., M.M., jumlah Pencaker (Pencari Kerja) di Kota Sukabumi melalui Disnaker Kota Sukabumi, selama 2 tahun terakhir ini mengalami penurunan. Antara lain, pada tahun 2015, jumlah Pencaker atau Pelamar Pekerjaan yang datang ke Disnaker Kota Sukabumi, seluruhnya mencapai 6.538 orang, yang terdiri dari 237 orang lulusan SD sederajat, 1.315 orang lulusan SMP sederajat, 4.126 orang lulusan SMA sederajat, 353 orang lulusan D I dan D II atau Akta I dan Akata II serta D III/ dan 507 orang Sarjana.

Sedangkan pada tahun 2016 mengalami penurunan, yakni mencapai 6,057 orang, meliputi 184 orang lulusan SD sederajat, 1.177 orang lulusan SMP sederajat, 3.960 orang lulusan SMA sederajat, 227 orang lulusan D I dan D II serta D III, dan 459 orang lulusan Sarjana. Sementara pada tahun 2017, tepatnya sampai dengan bulan Juni 2017, baru mencapai 2.531 orang, terdiri dari 58 orang lulusan SD sederajat, 494 orang lulusan SMP sederajat, 1.655 orang lulusan SMA sederajat, 121 orang lulusan D I dan D II serta D III, dan 203 orang lulusan Sarjana.

Kepala Seksi Penempatan Disnaker Kota Sukabumi menandaskan, adanya penurunan jumlah Pencaker di Kota Sukabumi ini, karena banyak warga masyarakat yang memilih melanjutkan pendidikan putera-puterinya ke Perguruan Tinggi. Selain itu, juga banyak lulusan D I dan D II serta D III dan Sarjana, yang lebih memilih berwiraswasta dan berwirausaha secara mandiri.

Ditandaskan pula, pihak Disnaker Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal melakukan berbagai inovasi, diantaranya memberikan pemahaman kepada para Pencaker, tentang tata cara melamar pekerjaan yang baik dan benar. Disamping itu, pihak Disnaker Kota Sukabumi juga menyediakan fasilitas website, untuk meningkatkan dan memudahkan para Pencaker di Kota Sukabumi yang akan melamar pekerjaan secara online. Karena dalam fasilitas website tersebut, memuat sejumlah lowongan pekerjaan, baik di dalam maupun di luar negeri.

Selain itu, pihak Disnaker Kota Sukabumi juga sudah mejalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan, baik yang ada di dalam maupun yang ada di luar wilayah Kota Sukabumi. Dengan demikian, apabila ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari dan mendapatkannya, karena Disnaker Kota Sukabumi sudah memiliki data para Pencaker secara lengkap, dari mulai lulusan serta posisi dan bidang hingga kuota yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hal tersebut dilakukan, untuk mencegah dan menghindari adanya praktik percaloan dan Pungli (Pungutan Liar), terhadap para Pencaker khususnya di Kota Sukabumi.