DISDUKCAPIL KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN PROGRAM SI JEMPOL KE SETIAP SMA, SMK DAN MA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, kembali menyelenggarakan Program Si Jempol (Inovasi Jemput Bola) Pelayanan Administrasi dan Pembuatan Dokumen Kependudukan, ke setiap SMA, SMK dan MA di Kota Sukabumi, khususnya pelayanan Pembuatan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik), bagi para pelajar yang sudah menginjak usia 17 tahun lebih 1 hari, termasuk bagi para guru, tata usaha, penjaga sekolah dan yang lainnya.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. menjelaskan, selain menyelenggarakan Program Si Jempol Pelayanan Administrasi dan Pembuatan Dokumen Kependudukan ke setiap SMA, SMK dan MA di Kota Sukabumi, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi juga senantiasa ber-upaya optimal menyelenggarakan Program Si Jempol Permukiman, Si Jempol Aki Nini atau Kakek Nenek dan Si Jempol Perkawinan di Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, dilaksanakannya Program Si Jempol Pelayanan Administrasi dan Pembuatan Dokumen Kependudukan di Kota Sukabumi ini, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Adapun persyaratan bagi setiap pelajar, guru, tata usaha, penjaga sekolah dan yang lainnya untuk dibuatkan KTP tersebut, hanya cukup dengan membawa Foto Copy KK (Kartu Keluarga) saja.

Selain itu juga dijelaskan, dilaksanakannya Program Si Jempol Pelayanan Administrasi dan Pembuatan Dokumen Kependudukan di Kota Sukabumi ini, untuk membantu sekaligus mempermudah dan mempercepat warga masyarakat Kota Sukabumi, dalam melakukan Pembuatan Dokumen Kependudukan.

Lebih jauh Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menjelaskan, potensi Wajib KTP di SMA, SMK dan MA di Kota Sukabumi cukup besar, karena banyak pelajar yang menginjak usia 17 tahun lebih 1 hari dan wajib memiliki KTP, serta apabila para pelajar tersebut sudah lulus dari sekolahnya masing-masing, tidak perlu membuat KTP untuk persyaratan melanjutkan pendidikan ke perguruan tringgi atau melamar pekerjaan.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi mengatakan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan pembuatan e-KTP bagi warga masyarakat Kota Sukabumi, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi sudah mengajukan permohonan blangko e-KTP tahap kedua kepada  Pemerintah Pusat, yakni sebanyak 2000 blangko e-KTP. Diharapkannya, permohonan blangko e-KTP tersebut, dapat segera direalisasikan oleh Pemerintah Pusat.