SELURUH OPD DI KOTA SUKABUMI SETIAP HARI SENIN MELAKSANAKAN UPACARA PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) termasuk Kecamatan, Kelurahan dan Lembaga Pendidikan di semua tingkatan, serta BUMN dan BUMD di Kota Sukabumi, setiap minggu tepatnya pada setiap hari Senin pagi, melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, mulai hari Senin, 4 September 2017. Adapun yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih hari Senin, 4 September 2017 di Tingkat Setda Kota Sukabumi termasuk Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi, BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi serta BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi, yakni Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si. menjelaskan, dilaksanakannya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih setiap minggu tepatnya pada setiap hari Senin pagi di Kota Sukabumi ini, sesuai dengan Surat Edaran dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI Nomor : 015.1/3506/SJ, bahwa mulai tanggal 4 September 2017, setiap OPD termasuk Kecamatan, Kelurahan dan Lembaga Pendidikan di semua tingkatan, serta BUMN dan BUMD, wajib melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada setiap minggu tepatnya pada setiap hari Senin pagi, dengan Pembina Upacara Kepala OPD, Camat, Lurah dan Kepala Sekolah, serta Pimpinan atau Direktur BUMN dan BUMD masing-masing. Namun apabila dalam salah satu minggu terdapat tanggal 17 atau terdapat tanggal Peringatan Hari Besar, Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih tersebut, cukup dilaksanakan pada tanggal 17 atau Peringatan Hari Besar.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menandaskan, setiap OPD termasuk Kecamatan, Kelurahan dan Lembaga Pendidikan di semua tingkatan, serta BUMN dan BUMD di Kota Sukabumi, wajib melaporkan pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih tersebut setiap bulan sekali kepada Walikota Sukabumi, melalui Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, c.q. Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi.

Menyinggung jumlah kehadiran pegawai di lingkungan Setda Kota Sukabumi termasuk Diskominfo Kota Sukabumi, Dispusip Kota Sukabumi, BPKD Kota Sukabumi serta BKPSDM Kota Sukabumi yang mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih tersebut, seperti dikatakan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi cukup banyak, yakni di atas 95 persen. Adapun pegawai yang tidak mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih tersebut, sudah ada pemberitahuan dan alasannya dapat dipertanggungjawabkan, seperti sakit, dinas luar dan cuti melaksaksanakan ibadah haji. Untuk itu, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pegawai yang mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih tersebut, seraya mengharapkan, agar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih tersebut senantiasa diikuti seluruh pegawai di setiap OPD termasuk Kecamatan, Kelurahan dan Lembaga Pendidikan di semua tingkatan, serta BUMN dan BUMD di Kota Sukabumi, karena sudah menjadi salah satu kewajiban bagi setiap pegawai.