PEMBANGUNAN KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIDUP SEHAT BAGI SETIAP ORANG

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pembangunan Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan warga masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) yang produktif secara sosial dan ekonomi, khususnya dalam meningkatkan derajat kesehatan anak sekolah. Adapun salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, yakni melalui kegiatan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), sebagai salah satu wadah yang sangat efisien, untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin, serta dapat menumbuh kembangkan kemampuan tentang permsalahan kesehatan pada kalangan anak-anak dan para remaja, dari mulai tingkat SD dan MI, SMP dan MTs serta SMA, SMK dan MA.

Demikian disampaikan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Lomba Dokcil (Dokter Kecil) Awards dan Jambore UKS Tahun 2017 Tingkat Kota Sukabumi, hari Rabu, 6 September 2017, di Taman Cikondang Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempata tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Walikota Sukabumi mengatakan, dalam hal pembinaan, TP (Tim Pembina) UKS Kota Sukabumi harus senantiasa terpadu, khususnya dalam menggalakan program bagi peningkatan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Karena landasan pembinaan dan pengembangan UKS ini sudah jelas, yakni berdasarkan SKB (Surat Keputusan Bersama) 4 Menteri, yakni Mendagri (Menteri Dalam Negeri), Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Menkes (Menteri Kesehatan) dan Menag (Menteri Agama).

Dikatakan pula, kehadiran Dokcil dan KKR (Kader Kesehatan Remaja) di sekolah, dapat membantu meningkatkan status kesehatan di lingkungan sekolah, dengan memberikan contoh dan pengetahuan hidup sehat bagi teman-temannya, sehingga sangat berpengarauh pada proses pembelajaran di sekolah serta dapat memotivasi dan mendorong Dokcil dan KKR, untuk lebih berkualitas.

Selain itu, Walikota Sukabumi juga berharap dan berpesan, agar kerja sama antara lintas program dan lintas sektor terkait kesehatan dapat semakin optimal, dengan fungsi dan peran kerja sama sesuai kewenangan, untuk mewujudkan derajat kesehatan warga masyarakat yang setinggi-tingginya, khususnya di Kota Sukabumi. Diharapkan pula, Lomba Dokcil Awards dan Jambore UKS Tahun 2017 Tingkat Kota Sukabumi ini, harus berorientasi pada perubahan perilaku sikap dan mental anak didik, terhadap pentingnya upaya menjaga diri dan kesehatan, mulai dari hal mendasar seperti membiasakan cuci tangan, kebersihan pakaian, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dan pemberantasan sarang nyamuk, sebagai bagian dari budaya bersih dan sehat warga masyarakat Kota Sukabumi.