RUMAH MAK CACIH SUDAH SELESAI DIBANGUN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Rumah Mak Cacih, warga Kampung Situawi RT 02 RW 02, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, sudah selesai dibangun. Rumah tersebut berukuran 6 kali 10 meter, yang terdiri dari dua kamar tidur, satu ruangan tamu, satu kamar mandi dan dapur. Dandim (Komandan Distrik Militer) 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Mohammad Mahfud As’at, S.IP. menjelaskan, rumah milik Mak Cacih ini, sebelumnya dibangun dan dibuat dari bilik atau anyaman bamboo, serta kondisinya sangat menghawatirkan dan hampir roboh. Namun saat ini sudah selesai dibangun kembali secara permanen, oleh Korem (Komando Resort Militer) 061 Suryakencana Bogor, termasuk biaya sewa tanahnya selama 5 tahun, sehingga kondisinya menjadi lebih kuat dan aman, serta nyaman dan sehat.

Namun kendati rumah Mak Cacih ini sudah selesai dibangun, tapi pihak Kodim 0607 Kota Sukabumi merencanakan untuk penempatannya pada HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 72 TNI, tepatnya yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2017 mendatang, sebagai kado dari TNI kepada Mak Cacih. Dijelaskan pula, Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) di wilayah Kota Sukabumi masih banyak. Untuk itu, Kodim 0607 Kota Sukabumi akan melaksanakan program perbaikan dan pembangunan Rutilahu sebanyak 360 unit di wilayah Kota Sukabumi, sesuai dengan slogan TNI, yakni Bersama Rakyat TNI Kuat. Selain itu juga dijelaskan, program tersebut baru akan dimulai pada tahun 2017 ini, dan pembangunan rumah milik Mak Cacih tersebut, merupakan program perbaikan dan pembangunan Rutilahu pertama, yang dilaksanakan oleh TNI.

Lebih lanjut Dandim 0607 Kota Sukabumi menjelaskan, program perbaikan dan pembangunan Rutilahu ini, merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian TNI terhadap warga masyarakat. Untuk itu, Pangdam (Panglima Daerah Militer) III Siliwangi serta Danrem (Komandan Resort Militer) 061 Suryakencana Bogor, memerintahkan Kodim 0607 Kota Sukabumi, untuk membantu warga masyarakat, dengan memperbaiki dan membangun Rutilahu warga masyarakat. Disamping itu, Dandim 0607 Kota Sukabumi juga berharap kepada Mak Cacih beserta segenap keluarganya, agar menempati rumah tersebut sekaligus menjaga dan merawatnya dengan sebaik-baiknya, supaya kondisinya bisa tahan lama.

Dalam pada itu, Mak Cacih yang saat ini tinggal di Kamar Nomor 222 Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) Kota Sukabumi, Jalan Lingkar Selatan, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, mengatakan merasa gembira dengan telah selesai dibangunnya rumah miliknya tersebut. Untuk itu, Mak Cacih mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik kepada segenap elemen warga masyarakat maupun kepada Pemerintah Kota Sukabumi dan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., serta Pemerintah Kecamatan Gunung Puyuh dan Kelurahan Karang Tengah, yang sudah membantu memberi bantuan natura dan menempatkan dirinya di Rusunawa Kota Sukabumi. Terlebih kepada aparat TNI, yang sudah membantu membangun rumah miliknya tersebut, sehingga kondisinya lebih kuat dan aman, serta nyaman dan sehat.