PEMERINTAH KOTA SUKABUMI BERUPAYA OPTIMAL MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN BIDANG PENDIDIKAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti ditegaskan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal melaksanakan pembangunan bidang pendidikan, dengan meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) secara terencana, yang bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga masyarakat Kota Sukabumi. Penegasan Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat menyerahkan Anugerah Prestasi Bidang Pendidikan dan Kartu Cerdas Kota Sukabumi Tahun 2017, tepatnya tanggal 15 September 2017, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK serta Ketua DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Ditegaskan pula, penyerahan Anugerah Prestasi Bidang Pendidikan dan Kartu Cerdas Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, menunjukan keberpihakan Pemerintah Kota Sukabumi terhadap warga masyarakat Kota Sukabumi dalam bidang pendidikan. Selain itu, juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Pemerintah Kota Sukabumi, sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, bahwa penyelenggaraan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama, antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota.

Dalam pada itu, Kepala Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd. menjelaskan, maksud dan tujuan diserahkannya Anugerah Prestasi Bidang Pendidikan dan Kartu Cerdas Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, untuk mewujudkan pelayanan pendidikan secara optimal, baik pada pendidikan formal maupun pada pendidikan non formal dan informal, bagi warga masyarakat Kota Sukabumi yang bermutu dan berkeadilan.

Adapun sasaran untuk program Kartu Cerdas, diberikan kepada warga masyarakat Kota Sukabumi dari golongan ekonomi kurang mampu. Sedangkan program stimulan PTN (Perguruan Tinggi Negeri), diberikan kepada para siswa warga masyarakat Kota Sukabumi yang masuk ke PTN melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Sementara penganugerahan prestasi akademik dan non akademik, diberikan kepada para peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan kelembagaan pendidikan, yang mempunyai prestasi pada tingkat provinsi, nasional dan internasional. Selanjutnya penghargaan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan program S1, diberikan kepada para Pendidik Non Formal PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), yang sedang mengikuti Pendidikan S1 PAUD.

Menyinggung anggaran Anugerah Prestasi Bidang Pendidikan dan Kartu Cerdas Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, menurut Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi, dibiayai dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2017, melalui Dinas P dan K Kota Sukabumi, dengan total anggaran mencapai Rp. 2.607.700.000,00. Antara lain, untuk dana Bea Siswa Kartu Cerdas diberikan kepada 2.232 siswa dengan total anggaran sebesar Rp. 1.867.700.000,00, untuk stimulan PTN melalui SNMPTN dan SBMPTN sebesar Rp. 625.000.000,00 diberikan kepada 250 siswa atau masing-masing sebesar Rp. 2.500.000,00, untuk penganugerahan prestasi akademik dan non akademik total Rp. 105.000.000,00 diberikan kepada 30 orang atau masing-masing sebesar Rp. 3.500.000,00, dan untuk program S1 bagi Pendidik Non Formal PAUD sebesar Rp. 10.000.000,00 diberikan kepada 4 orang atau masing-masing sebesar Rp. 2.500.000,00.