PEMERINTAH KOTA SUKABUMI BERTEKAD MENJADI KOTA KE 6 YANG MENERAPKAN PROGRAM E-LAPOR

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si. menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, bertekad untuk menjadikan Kota Sukabumi, sebagai kota ke 6 di Indonesia yang menerapkan program e-Lapor (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat). Karena hingga saat ini, di Indonesia baru ada 5 Pemerintah Kota dan Kabupaten, yang sudah melaksanakan dan menerapkan program tersebut.

Untuk mewujudkan program tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskominfo Kota Sukabumi, bekerjasama dengan KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, menyelenggarakan sosialisasi SP4N (Sistem Pengelolaan Pelayanan Pengaduan Publik Nasional) dan Integrasi Pengelolaan Kanal Lapor (Layanan Pengaduan Online Rakyat), yang diikuti oleh 68 Operator Program dari setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 14 September 2017, di Operation Room Setda Kota Sukabumi.

Adapun maksud dan tujuannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas para operator tersebut, khususnya dalam mengoperasikan dan menindaklanjuti setiap laporan yang disampaikan oleh warga masyarakat melalui program e-Lapor. Dikatakannya, setelah program tersebut dioperasikan secara resmi, warga masyarakat Kota Sukabumi dapat mengaksesnya, untuk menyampaikan berbagai keluhan yang terjadi di lapangan, seperti jalan rusak, lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) padam dan sebagainya. Karena berbagai keluhan yang disampaikan oleh warga masyarakat melalui e-Lapor ini, akan disampaikan kembali kepada SKPD dan BUMD terkait, untuk ditindaklanjuti dan ditangani secara optimal, serta terintegrasi dengan jaringan Pemerintah Pusat.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengharapkan, dengan adanya program ini, berbagai jenis pelayanan publik yang dilakukan oleh setiap SKPD dan BUMD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat waktu, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam menyikapi, menindaklanjuti dan menangani setiap laporan yang disampaikan oleh warga masyarakat. Karena keberhasilan dalam melaksanakan program tersebut, bisa diukur dari proses penanganannya. Dijelaskannya, program tersebut, dalam waktu dekat ini akan segera terwujud, karena persiapannya sudah mencapai 90 persen.