KPA KOTA SUKABUMI MENGAJAK SISWA SMA NEGERI 3 KOTA SUKABUMI UNTUK MENGAMPANYEKAN HIV-AIDS

Reporter : ENDANG SUMARDI

KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Sukabumi, mengajak seluruh Siswa SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, untuk mengampanyekan HIV-AIDS, terutama di lingkungan sekolahnya. Hal tersebut disampaikan, pada acara penutup rangkaian kegiatan KPA Go To School  Tahun 2017, di Aula SMA Negeri 3  Kota Sukabumi, yang diisi berbagai materi, khususnya yang berkaitan dengan bahaya kenakalan remaja dan HIV-AIDS. Terlebih bagi seluruh Siswa SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, yang menyandang predikat sebagai sekolah terbaik dalam bidang kesehatan di tingkat nasional.

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., selaku Ketua KPA Kota Sukabumi menegaskan, penularan HIV-AIDS sangat tinggi di usia produktif. Adapun salah satu pemicu terjangkitnya HIV-AIDS ini, diantaranya melalui seks beresiko di kalangan remaja, adanya keterbukaan informasi di era global, rasa ingin tahu para remaja terhadap berbagai hal yang baru, kontrol dan pengawasan yang longgar dari orang tua, dan ketidaktahuan para remaja terhadap bahaya penyakit menular HIV-AIDS.

Berkaitan dengan hal tersebut, pengetahuan tentang HIV-AIDS ini, akan diusulkan supaya masuk ke dalam kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, khususnya yang ada di Kota Sukabumi, sebagai salah satu usaha dan strategi. untuk menekan angka penderita dan penularan virus HIV-AIDS pada kelompok usia produktif di Kota Sukabumi. Sebab pada usia produktif, sangat jarang mencari tahu tentang virus HIV-AIDS. Padahal virus tersebut, sangat berbahaya dan dapat mematikan, serta hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Untuk itu, Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, pengetahuan tentang virus HIV-IDS ini, sebaiknya diberikan kepada para siswa, mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Hanya cara penyampaiannya saja yang berbeda, yakni disesuaikan dengan tingkat pendidikan masing-masing.

Selain itu juga dijelaskan, sekitar 50 persen penderita HIV-AIDS, disebabkan pergaulan bebas dan pola pergaulan di kalangan remaja yang tidak sehat. Untuk itu, pada tahun 2017 ini, KPA Kota Sukabumi akan konsen melakukan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya virus HIV-AIDS kepada para siswa, mulai dari tingkat SMP sampai dengan perguruan tinggi yang ada di wilayah Kota Sukabumi.

Sementara Sekretaris KPA Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. menambahkan, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 10, serta diisi kegiatan edukasi, khususnya yang berkaitan dengan penyebab, pencegahan, penularan dan pengobatan penyakit HIV-AIDS, sehingga para pelajar bisa lebih waspada dan dapat mengenali penyakit tersebut sejak awal. Dijelaskannya, KPA Kota Sukabumi sangat fokus melakukan sosialisasi kepada para remaja dan pelajar. Karena pecandu napza, sebagian besar dari kalangan remaja, serta sangat berpotensi tertular virus HIV-AIDS.

Dijelaskan pula, dilaksanakannya kegiatan tersebut, sebagai salah satu upaya pencegahan, serta untuk memproteksi para pelajar dan generasi muda dari bahaya Narkoba dan HIV-AIDS. Karena Narkoba dan HIV-AIDS, merupakan salah satu ancaman yang sangat vital, karena dapat merusak kehidupan. Untuk itu, perlu dilakukan upaya pencegahan sejak dini, tentang bahaya pengaruh Narkoba dan HIV-AIDS di kalangan remaja dan pelajar di Kota Sukabumi, yang dilaksanakan secara terintegrasi dan menyeluruh.