PPALC SUKABUMI AGAR MENJADI WASHILAH BAGI TERWUJUDNYA UMMAT YANG BERTAUHID

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. mengharapkan, PPALC (Pola Pertolongan Alloh Learning Centre) Sukabumi, agar menjadi salah satu washilah atau perantara, bagi terwujudnya ummat yang bertauhid, menuju masyarakat yang rahmatan lil alamin. Harapan Wakil Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat membuka secara resmi Private Class Pola Pertolongan Alloh, yang diselenggarakan oleh PPALC Sukabumi, tepatnya tanggal 24 September 2917, di Hotel Horison Kota Sulabumi.

Dijelaskannya, tauhid adalah salah konsep dalam aqidah Islam, yang menyatakan keesaan Alloh. Dalam pengamalannya, ketauhidan dibagi menjadi 3 macam, yakni tauhid rububiyah, uluhiyah dan Asma wa Sifat. Sedangkan mengamalkan tauhid dan menjauhi syirik, merupakan salah satu konsekuensi dari kalimat syahadat, yang telah diikrarkan oleh seorang muslim.

Dijelaskan pula, keberadaan PPALC Sukabumi ini, sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013-2018, yakni Dengan Iman dan Taqwa Mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin. Karena PPALC Sukabumi ini, merupakan salah satu komunitas warga masyarakat ummat Islam, yang bergerak dalam bidang sosial dan penyelenggaraan pelatihan, diantaranya training yang dikemas dalam bentuk private class, dengan materi aplikasi tauhid dalam kehidupan sehari-hari.

Wakil Walikota Sukabumi mengatakan, pemahaman atas pernyataan visi tersebut, mengandung makna terjalinnya sinergi yang dinamis, antara warga masyarakat, pemerintah dan seluruh stake holders, dalam meralisasikan pembangunan Kota Sukabumi secara terpadu, yang dijalankan melalui sistem pemerintahan yang baik dan adil dalam melayani warga masyarakat, serta berpijak pada pola berpikir dan pola berbuat, berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sedangkan penjabaran dari visi tersebut, seperti dijelaskan Wakil Walikota Sukabumi, diuraikan dalam misi Pemerintah Kota Sukabumi, yang berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan secara nyata, bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan, tanpa mengabaikan mandat yang diberikan. Adapun Misi Pemerintah Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, antara lain Mewujudkan Reformasi Birokrasi Menuju SDM (Sumber Daya Manusia) yang Beriman, Bertaqwa dan Berilmu, Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Bersih, Berwibawa, Jujur, Adil dan Profesional, Mendengar dan Melayani Masyarakat dengan Ikhlas, Mewujudkan Pelayanan Dasar yang Lebih Baik dan Berkualitas, Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Daya Saing Daerah, serta Meningkatkan Keamanan, Ketertiban, Keindahan dan Kebersihan Kota.