WAKIL WALIKOTA SUKABUMI MELAUNCHING SECARA RESMI PANTAS DAN MENCANANGKAN ITNT DI KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., hari Selasa, 26 September 2017, bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, melaunching secara resmi PANTAS (Pajak Online Kota Sukabumi), berupa Pajak Non PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan BPHTBN (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) dan 7 Pajak Daerah, seperti Pajak Reklame, Pajak Hotel, Pajak Restoran dan Pajak Hiburan, sekaligus mencanangkan ITNT (Implementasi Transaksi Non Tunai) di Kota Sukabumi, ditandai dengan penekanan tombol sirine. Adapun Aplikasi PANTAS ini, dapat diakses melalui alamat www.pantas.sukabumikota.go.id.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pengelolaan Keuangan Daerah dilakukan secara tertib, taat pada peraturan dan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab, dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat. Berkaitan dengan upaya peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah serta sebagai pelaksanaan Inpres (Instruksi Presiden) RI Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, perlu dilakukan Percepatan ITNT pada Pemerintah Daerah, yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Mendagri (Menteri Dalam Negeri) RI Nomor 91011867/SJ tanggal 17 April 2017 tentang ITNT pada Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, yang salah satu isinya ITNT pada Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota harus sudah dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 2018 mendatang.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Sukabumi melalui BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, sudah mengembangkan suatu sistem Aplikasi PANTAS, sebagai ITNT dalam sektor pendapatan. Dengan adanya PANTAS ini, Pemerintah Kota Sukabumi diharapkan dapat lebih mandiri dalam melakukan Pengelolaan Pajak Daerah, serta dapat meningkatkan standar pelayanan kepada masyarakat khususnya wajib pajak, dengan meninggalkan budaya lama. Dengan demikian, masyarakat khususnya wajib pajak, dapat dengan mudah melaporkan kewajiban pajaknya, serta mudah dalam melakukan pembayarannya, sehingga dapat berpengaruh terhadap peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi, khususnya dari sektor Pajak Daerah.

Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, dengan telah dilaunchingnya PANTAS ini, seluruh Pegawai BPKD Kota Sukabumi, harus senantiasa berkomitmen dalam menerapkan dan memelihara sistem manajemen mutu layanan pendapatan, sesuai dengan keefektifan sistem manajemen mutu, dengan menetapkan sasaran mutu layanan pendapatan, dalam hal ini pelayanan prima kepada masyarakat, dalam melakukan Pengelolaan Pelayanan Pajak Daerah, sebagaimana tertuang dalam misi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, yakni mewujudkan pelayanan dasar yang lebih berkualitas, untuk mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin.

Selanjutnya, dengan telah dicanangkannya ITNT di setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dimana RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi sebagai Pilot Projectnya, Wakil Walikota Sukabumi menginstruksikan kepada setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar mulai tahun 2018 mendatang, seluruh transaksi pengeluaran di Kota Sukabumi sudah menggunakan non tunai.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman Kerjasama, antara BPKD Kota Sukabumi dengan PT Bank BJB Cabang Sukabumi, tentang Layanan Penerimaan Pembayaran Tagihan Pajak Daerah Kota Sukabumi, serta penandatanganan Piagam Pencanangan Traksaksi Non Tunai di setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dengan Pilot Projeknya RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi.