DINAS KESEHATAN KOTA SUKABUMI AKAN MELAKSANAKAN POPM BERUPA OBAT ANTI CACING GRATIS

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, menurut rencana akan melaksanakan POPM (Pemberian Obat Pencegahan Masal) berupa Obat Anti Cacing Gratis, kepada seluruh anak usia 1 sampai dengan 12 tahun di Kota Sukabumi, tepatnya pada bulan Oktober 2017, secara serentak kepada seluruh anak PAUD, TK, RA, MD, SD, MI, SMP dan MTs, serta kepada seluruh anak yang belum sekolah, di setiap Posyandu, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya yang ada di wilayah Kota Sukabumi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah, didampingi Kepala Bidang P2PL (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan) Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati menjelaskan, rencana akan dilaksanakannya POPM ini, sebagai salah satu upaya memenuhi dan merealisasikan program nasional, sesuai dengan Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) RI Nomor 12 Tahun 2014 tentang Pemberian Obat Pencegahan Secara Massal Cacingan.

Dijelaskan pula, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan POPM khususnya di Kota Sukabumi, pihak Dinas Kesehatan Kota Sukabumi sudah melakukan sosialisasi kepada 15 Puskesmas, yang tersebar di 7 wilayah kecamatan se Kota Sukabumi, untuk disosialisasikan kembali kepada warga masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing. Maksud dan tujuannya, supaya pelaksanaan POPM ini, khususnya di Kota Sukabumi dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat mencapai target 100 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dan Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kota Sukabumi menandaskan, pengaruh penyakit cacingan pada anak sangat berbahaya, serta siapapun bisa terkena penyakit cacingan termasuk orang dewasa. Sedangkan dampak penyakit cacingan kepada anak, yakni malnutrisi dan zat gizi di  tubuh anak akan turun, termasuk IQ dan kecerdasannya akan berkurang. Sementara dampak penyakit cacingan kepada orang dewasa, yakni malnutrisi bisa lemah, susah berkonsentrasi dan badan jadi kurus.

Adapun berbagai hal yang dapat menimbulkan dan terjangkit penyakit cacingan, bisa diakibatkan oleh lingkungan yang tidak sehat, kebiasaan anak buang air sembarangan dan kebiasaan anak tidak memakai alas kaki, serta bisa disebabkan oleh infeksi telur cacing melalui pori kulit atau makanan. Sedangkan penyakit cacingan kepada orang dewasa, bisa disebabkan dari makanan dan lalap-lalapan. Sementara jenis cacing yang dapat menimbulkan penyakit cacingan kepada anak, yakni cacing gelang, cacing tanah dan yang lainnya.

Menyinggung pelaksanaan program nasional Imunisasi Campak dan MR (Measles Rubella) Gratis di Kota Sukabumi yang dilaksanakan selama 2 bulan penuh. yakni pada bulan Agustus 2017 kepada seluruh siswa SD dan SMP sederajat, dan pada bulan September 2017 kepada seluruh bayi dan anak yang belum sekolah, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dan Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kota Sukabumi berjalan baik dan lancar, serta berhasil mencapai target 100 persen.