PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SENANTIASA SERIUS MEMBANGUN PEMERINTAHAN YANG RAHMATAN LIL ALAMIN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa serius dan berkomitmen membangun Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin, serta senantiasa mendukung terhadap upaya peningkatan kualitas aparatur yang amanah dan bekerja secara profesional, dalam memberikan pelayanan publik di Kota Sukabumi. Penandasan Wakil Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Bimtek (Bimbingan Teknis) Regulasi dan Prosedur Tata Cara Pembuatan Laporan Kegiatan Penanaman Modal Kepada Masyarakat Dunia Usaha, tepatnya tanggal 25 September 2017, di Hotel Anugerah Kota Sukabumi.

Ditandaskan pula, salah satu prinsip dalam good governance atau kepemerintahan yang baik, khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang transparan, menjadi salah satu landasan dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan dan tugas pelayanan publik, disamping pemberdayaan dan pengaturan regulasi. Maksud dan tujuannya, dalam rangka terselenggaranya pelayanan publik yang akuntabel, efektif dan non-diskriminatif, merupakan salah satu keharusan.

Adapun salah satu sasaran dalam rangka mendorong terhadap pemerataan dan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat, pertumbuhan investasi setiap tahunnya hingga tahun 2016, yakni pada kisaran 11 sampai dengan 14 persen. Sedangkan tantangan peningkatan investasi di daerah, tidak terlepas dari stabilitas keamanan dan ketertiban, kepastian hukum dan ketersediaan infrastrukur wilayah, ketersediaan dan kepastian lahan, perburuhan dan ketenagakerjaan, serta proses perizinan pembangunan dan masalah lainnya.

Selain itu juga ditandaskan, realisasi investasi selama ini merupakan nilai kumulatif, yang bersumber dari proyek PMA (Penanaman Modal Asing) dan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri), serta wajib menyampaikan LKPM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal), melalui pengolahan data aplikasi dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Kementerian Perdagangan RI, yakni SPIPISE (Sistem Pelayanan Informasi dan Perijinan Investasi Secara Elektronik). Disamping itu, juga masih terdapat potensi investasi lainnya yang bersumber dari nilai investasi proyek PMA dan PMDN Non SPIPISE dan Non LKPM.

Sementara Kepala Bidang Penanaman Modal DPM-PTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Sukabumi, Endang Toib, S.IP. selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, Bimtek ini diikuti oleh para peserta yang berasal dari para pelaku usaha di Kota Sukabumi, yang bergerak dalam berbagai bidang UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), Perhotelan, Pengembangan Property, Konstruksi, IT (Informasi dan Teknologi) serta Jasa Kesehatan, dengan Nara Sumber Kepala DPM-PTSP Kota Sukabumi, DPM-PTSP Provinsi Jawa Barat dan BKPM Kementerian Perdagangan RI.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya Bimtek ini, yakni untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan, serta untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan para pelaku dunia usaha khususnya yang bersumber dari proyek PMA dan PMDM, dalam menyusun dan membuat LKPM, melalui pengolahan data aplikasi dari BKPM Kementerian Perdagangan RI, yakni SIPISE khususnya di Kota Sukabumi.