PUSKESMAS SUKABUMI SUDAH DIRECHECKING TIM PENILAI LOMBA FKTP BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Puskesmas Sukabumi, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, sudah direchecking Tim Penilai Lomba FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2017, mewakili Provinsi Jawa Barat, tepatnya tanggal 25 September 2017. Sedangkan kedatangan Tim Penilai Lomba tersebut, diterima secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi menjelaskan, Puskesmas Sukabumi merupakan Puskesmas Unggulan di Kota Sukabumi, serta memilki beberapa inovasi pelayanan publik. Diantaranya pemeriksaan kesehatan pelajar sejak dini dan MCU Catin (Medical Check Up Calon Pengantin), untuk mengetahui status HIV-AIDS, infeksi donor seksual, penyakit keturunan dan status hepatitis B. Sedangkan dalam merealisasikan ketentuan agar para Catin harus diperiksa MCU ini, bekerja sama dengan KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Cikole. Maksud dan tujuannya, untuk menciptakan generasi Kota Sukabumi yang lebih sehat. Selain itu, juga ada inovasi yang bersinergi dengan masyarakat, serta bersinergi dengan pengobatan-pengobatan alternatif, sehingga dapat saling membantu antara pengobatan alternatif dengan Puskesmas Sukabumi. Lebih jauh Walikota Sukbumi menjelaskan, keberadaan Puskesmas di Kota Sukabumi jaraknya sudah 0 kilo meter dengan warga masyarakat. Diharapkannya, hal tersebut dapat menjadi nilai plus dalam penilaian, serta dengan adanya penilaian ini dapat menjadi penyemangat, untuk terus melakukan inovasi dan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat.

Sementara Ketua Tim Penilai, dr. Dewi Irawati menjelaskan, Tim Penilai akan melaksanakan evaluasi dan melihat langsung ke lapangan, sekaligus melakukan penilaian terhadap Puskesmas Sukabumi. Disamping itu juga dijelaskan, hasil penilaian ini ditentukan serta didasarkan pada kinerja dan pelayanan Puskemas di dalam dan di luar gedung. Adapun untuk pelayanan di dalam gedung, wujudnya berupa pelayanan pengobatan kepada warga masyarakat. Sedangkan pelayanan di luar gedung, berupa kegiatan di lapangan, seperti penyuluhan dan sosialisasi. Dijelaskan pula, Tim Penilai akan fokus pada inovasi-inovasi yang diselenggarakan oleh Puskesmas, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat.