HUBUNGAN YANG HARMONIS ANTARA MUSPIDA, ULAMA DAN SELURUH ELEMEN MASYARAKAT SANGAT PENTING

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kapolda Jabar, Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si, menandaskan, hubungan yang harmonis antara muspida, ulama dan seluruh elemen masyarakat sangat penting, untuk menciptakan situasi wilayah yang kondusif, yakni aman, tenteram, nyaman dan damai. Untuk itu, hubungan yang harmonis di tengah masyarakat perlu terus dijaga, agar berbagai kegiatan dan pembangunan termasuk pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) secara serentak di Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 mendatang, bisa berjalan dengan baik dan lancar, serta aman, tertib dan damai.

Penandasan Kapolda Jabar tersebut, disampaikan saat melakukan Kunker (Kunjungan Kerja) dan Silaturahmi ke Pontren (Pondok Pesantren) Syamsul Ulum Gunung Puyuh Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 1 Oktober 2017, didampingi Wakapolda Jabar, Brigjen Pol. Supratman, dan sejumlah pejabat lainnya di lingkungan Polda Jabar.

Adapun kedatangan Kapolda Jabar beserta rombongan, diterima secara langsung oleh Pimpinan Pontren Syamsul Ulum Gunung Puyuh Kota Sukabumi, Prof. Dr. K.H. Dedi Ismatullah Machdi, S.H., M.Hum., Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rustam Mansur, S.IK., Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Mohammad Mahfud As’at, S.IP., beserta unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) lainnya.

Disamping itu, Kapolda Jabar juga menandaskan, dampak negatif dari perkembangan TI (Teknologi Informasi) dan Medsos (Media Sosial), yakni sering digunakan secara tidak benar, untuk menyebarkan kabar palsu dan provokatif bahkan menjurus fitnah, yang bisa memecah belah persatuan bangsa. Oleh karenanya, Kapolda Jabar meminta dukungan kepada muspida dan ulama, untuk ikut mensosialisasikan penggunaan TI dan Medsos yang baik dan benar.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jabar menyerahkan bantuan sarana keagamaan kepada Pontren Syamsul Ulum Gunung Puyuh Kota Sukabumi, berupa 100 Al Qur’an, 200 paket Sembako (Sembilan Bahan Pokok), serta 100 paket Baju Koko dan Kain.

Selain melakukan Kunker dan Silaturahmi ke Pontren Syamsul Ulum Gunung Puyuh Kota Sukabumi, Kapolda Jabar juga melakukan Kunker dan Silaturahmi ke Koramil Gunung Puyuh Kota Sukabumi dan Koramil Cibadak Kabupaten Sukabumi, sekaligus menyerahkan bantuan 1 unit pewasat televisi kepada kedua Koramil tersebut, sebagai cindera mata dari Polda Jabar.