WAKIL WALIKOTA SUKABUMI MENGIKUTI KONGRES DAN SHARING BEST PRACTICE CITYNET INDONESIA TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., didampingi Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc., mengikuti Kongres dan Sharing Best Practice Citynet Indonesia Tahun 2017, yang dilaksanakan selama 3 hari, tepatnya dari tanggal 2 sampai dengan tanggal 4 Oktober 2017, di Hotel Novotel Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kongres tersebut dibuka secara resmi oleh Deputi Sekjen (Sekretaris Jenderal) Citynet Asia Pasifik, Dr. Ir. Aisa Tobing, M.Sc., MCP., ditandai dengan Pemukulan Gong, serta diikuti oleh sejumlah Bupati dan Walikota, khususnya dari 23 Kabupaten dan Kota Anggota Citynet Indonesia.

Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, Citynet Indonesia merupakan salah satu wahana kegiatan berjejaring atau networking, antara anggota dengan stake holders, untuk bertukar best practices atau pengalaman keberhasilan masing-masing daerah. Maksud dan tujuannya, untuk memberi penguatan kepada daerah, dalam peningkatan kapasitas pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, untuk kesejahteraan warga masyarakat. Selain itu, juga menyediakan informasi yang relevan, menyelenggarakan riset perbandingan, dan memfasilitasi pertukaran informasi.

Sedangkan ruang lingkup kegiatan yang dilaksanakan Citynet Asia Pasifik dan Citynet Indonesia, diantaranya capacity building, berupa kegiatan pelayanan dan konsultasi, pelatihan teknis, seminar dan workshop, baik secara nasional maupun internasional, serta program orientasi dan diskusi, studi banding, penelitian, program tukar menukar pengalaman dan informasi, khususnya dalam melakukan pengelolaan pembangunan.

Diungkapkannya, Kota Sukabumi merupakan salah satu pemrakarsa berdirinya Citynet Indonesia, beserta 8 kota lainnya di Indonesia, sekaligus mendeklarasikan pembentukan Citynet Indonesia di Kota Sukabumi, tepatnya pada tanggal 27 Desember 2006 yang lalu.

Dalam kongres tersebut, dilaksanakan Pemilihan Pengurus Citynet Indonesia Periode Tahun 2017-2021, antara lain, Pembina, Citynet Asia Pasifik, Ketua Dewan Penasehat, Walikota Balikpapan, Kalimantan Timur, Wakil Ketua Dewan Penasehat, Walikota Tomohon, Sulawesi Utara, serta Anggota, Walikota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Walikota Semarang, Jawa Tengah, dan Walikota Bogor, Jawa Barat.

Selanjutnya Dewan Pengurus, Presiden, Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Wakil Presiden 1, Walikota Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Wakil Presiden 2, Walikota Sukabumi, Jawa Barat, Sekretaris 1, Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Sekretaris 2, Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Sidoarjo, Bendahara, Kepala BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Sidoarjo, Direktur Administrasi, Ari Suryono dan Sigit Setyawan, serta Direktur Program, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Sidoarjo.