SAMPAI KAPAN PUN TNI AKAN SETIA PADA NKRI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan, politik TNI adalah politik negara, dan sampai kapan pun TNI akan setia pada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), serta sampai kapan pun akan setia dan menjunjung tinggi sumpah prajurit. Ditegaskan pula, bagi TNI, kecintaan dan kesetiaan pada NKRI yang berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila, adalah sendi utama yang melekat erat pada setiap jiwa dan wajah Prajurit TNI.

Penegasan Panglima TNI tersebut, disampaikan Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Mohammad Mahfud As’at, S.IP., saat memberi sambutan pada Upacara Peringatan Ke 72 Hari TNI Tahun 2017 Tingkat Kodim 0607 Kota Sukabumi, hari Kamis, 5 Oktober 2017, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Selain itu juga ditegaskan, bahwa politik TNI adalah politik negara, yakni politik yang diabdikan bagi tegaknya NKRI, yang di dalamnya terangkum ketaatan terhadap hukum, untuk kepentingan rakyat, di atas kepentingan manapun. Selanjutnya ditegaskan, TNI akan tetap setia dan taat pada Pimpinan Tertinggi Negara, yakni Presiden RI yang dipilih secara sah sesuai dengan konstitusi, serta tidak ada keraguan bagi kesetiaan Prajurit TNI pada Pimpinan Tertinggi Negara.

Untuk itu, maka tema yang diangkat dalam Peringatan Ke 72 Hari TNI Tahun 2017 ini, yakni Bersama Rakyat TNI Kuat. Sebab TNI senantiasa membangun hubungan kelembagaan dengan berbagai komponen bangsa. Disamping itu, kekuatan TNI pun terus dibangun, dengan mengembangkan berbagai sarana dan prasarana di pulau terluar strategis. Dengan demikian, TNI bisa mempertahankan NKRI, seperti Pulau Natuna dan Pulau Morotae hingga Pulau Merauke.

Panglima TNI mengatakan, tugas dan peran TNI dalam menjaga keutuhan NKRI sangat penting. Berkaitan dengan hal tersebut, berbagai upaya untuk melawan ancaman bangsa, telah dilakukan oleh kalangan TNI dengan sebaik-baiknya. Salah satunya, yakni menangkal maraknya kelompok yang mencoba memecah belah bangsa dan NKRI. Sebab kalangan TNI, dituntut untuk lebih mendahulukan kepentingan bangsa dan negara, ketimbang kepentingan pribadi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi, Wakil Walikota Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Ketua DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, Ketua dan Jajaran Pengurus Persit Chandra Kirana Kodim 0607 Kota Sukabumi, Ketua Bhayangkari Polres Sukabumi Kota, Dan Yonif 310 Kidang Kancana, Dan Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, para Asisten Daerah dan Staf Ahli Walikota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan unsur Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan), para Lurah, para Pejuang dan Veteran, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, serta para tamu undangan lainnya.