KUNCI RUMAH MILIK MAK CACIH SUDAH DISERAHKAN SECARA RESMI OLEH DANDIM 0607 KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kunci rumah milik Mak Cacih berusia 52 tahun warga Kampung Situawi RT 02 RW 02, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, sudah diserahkan secara resmi oleh Dandim (Komandan Distrik Militer) 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Mohammad Mahfud As’at, S.IP., didampingi Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rustam Mansur, S.IK., dan Kepala Kejaksaan Negeri Sukabumi, Ganora Zarina, S.H.,M.M., tepatnya tanggal 5 Oktober 2017, usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari TNI Ke 72 Tahun 2017 Tingkat Kodim 0607 Kota Sukabumi, sebagai Kado Hari TNI Ke 72 kepada Mak Cacih.

Karena rumah milik Mak Cacih yang berukuran 6 kali 10 meter, yang terdiri dari dua kamar tidur, satu ruangan tamu, satu kamar mandi dan dapur ini, sudah selesai dibangun dikembali oleh Kodim 0607 Sukabumi, memanfaatkan momentum Hari TNI Ke 72 Tahun 2017, dengan melaksanakan kegaiatan bhakti sosial, diantaranya membangun kembali rumah milik Mak Cacih, yang kondisinya sangat memprihatinkan, karena terbuat dari anyaman bamboo, serta  kondisinya nyaris ambruk, sebab tiang penyangga, atap dan gentingnya sudah lapuk dan rusak. Namun saat ini sudah selesai dibangun kembali secara permanen, oleh Prajurit TNI di lingkungan Kodim 0607 Kota Sukabumi, sehingga kondisinya menjadi lebih kuat dan aman, serta nyaman dan sehat, dengan menghabiskan biaya sekitar Rp. 54 juta, termasuk biaya sewa tanahnya selama 5 tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0607 Kota Sukabumi menjelaskan, dibangunnya kembali rumah milik Mak Cacih oleh Prajurit TNI dilingkungan Kodim 0607 Kota Sukabumi ini, sesuai dengan intruksi dari Pangdam (Panglima Daerah Militer) III Siliwangi, serta Danrem (Komando Resort Militer) 061 Suryakencana Bogor. Selain itu, Dandim 0607 Kota Sukabumi  juga menyarakan merasa bangga kepada seluruh Prajurit TNI di lingkungan Kodim 0507 Kota Sukabumi, karena selama 7 hari dapat menyelesaikan pembangunan rumah milik Mak Cacih, sesuai dengan target waktu yang sudah ditentukan, sehingga bertepatan dengan Peringatan Hari TNI Ke 72 Tahun 2017 Tingkat Kodim 0607 Kota Sukabumi, kunci rumah milik Mak Cacih ini bisa diserahkan secara resmi.

Sementara Mak Cacih, dalam kesempatan tersebut mengatakan merasa gembira dengan telah selesai dibangunnya kembali rumah miliknya ini, sekaligus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah peduli dan membantu, khususnya kepada Kodam III Siliwangi, Korem 061 Suryakencana Bogor dan Kodim 0607 Kota Sukabumi, yang telah membangun kembali rumah miliknya ini. Selain itu, juga kepada Pemerintah Kota Sukabumi dan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., serta kepada Pemerintah Kecamatan Gunung Puyuh dan Kelurahan Karang Tengah, yang sudah membantu memberi bantuan natura dan menempatkan dirinya di Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) Kota Sukabumi, yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, selama rumahnya dibangun sampai selesai dan pindah kembali ke rumah miliknya ini.