WAKIL WALIKOTA SUKABUMI MELARANG SALAH SEORANG ANAK SD DI KOTA SUKABUMI BERJUALAN GORENGAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., melarang salah seorang anak kelas 2 SD di Kota Sukabumi, Aldiansyah Saputra berusia 9 tahun berjualan gorengan. Untuk itu, Wakil Walikota Sukabumi langsung mendatangi kediaman orang tua dan anak tersebut, di Kampung Pabuaran, Gang Amanah RT 04 RW 01, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 6 Oktober 2017.

Kedatangan Wakil Walikota Sukabumi ke kediaman orang tua dan anak tersebut, disambut secara antusias dan gembira oleh Aldi dan ibunya, Neni berusia 41 tahun, sambil menggendong putera keduanya. Sementara ayahnya, Yadi, berusia 43 tahun, sedang tidak ada di rumahnya, karena sedang bekerja sebagai tukang gali sumur.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan kedatangan ke kediaman orang tua dan anak ini. untuk mengetahui kondisi ekonomi keluarga anak ini, serta ingin memastikan agar anak ini tidak berjualan gorengan lagi, kendati jiwa wira usaha anak ini sangat baik dan tinggi. Namun untuk anak usia sekolah, masih menjadi tanggung jawab kedua orang tuanya.

Adapun untuk menambah pendapatan orang tua anak ini, Wakil Walikota Sukabumi akan memberi bantuan berupa gerobak dan modal usaha untuk berjualan gorengan. Maksud dan tujuannya, supaya anak ini bisa fokus belajar di sekolahnya, serta dapat menikmati masa kecilnya, tanpa harus berjualan gorengan untuk menambah penghasilan orang tuanya dan untuk jajan sehari-hari di sekolahnya. Untuk itu, yang usaha sekarang adalah bapak dan ibunya, sedangkan Aldi tidak boleh berjualan gorengan lagi.

Selain akan memberi bantuan berupa gerobak dan modal usaha untuk berjualan gorengan kepada orang tua Aldi, Wakil Walikota Sukabumi juga sudah ikut mengurus administrasi dan dokumen kependudukan anak tersebut, yakni Akta Kelahiran Aldi, ke Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, termasuk KIP (Kartu Indonesia Pintar) serta program lainnya yang bermanfaat.

Dalam pada itu, ibunya Aldi mengatakan merasa sangat bersyukur sekaligus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Wakil Walikota Sukabumi, yang telah berkenan memberi bantuan tersebut, termasuk administrasi dan dokumen kependudukan anak pertamanya tersebut. Karena bantuan tersebut sangat besar manfaatnya bagi dirinya dan keluarganya, yakni dapat menambah penghasilan dengan berjualan gorengan. Untuk itu, dirinya beserta suaminya akan fokus berjualan gorengan, supaya anak pertamanya tersebut bisa fokus belajar di sekolahnya.