KEMAMPUAN TEKNIS DAN KOMPETENSI KEILMUAN DALAM BIDANG KEBIDANAN DAN KEPERAWATAN SANGAT PENTING

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., selaku Pembina dan Pendiri Yayasan Abdi Kusumah Bangsa Kota Sukabumi yang menaungi Politeknik Sukabumi dan STIKES (Sekolah Tinggi Kesehatan) Sukabumi menegaskan, kemampuan teknis dan kompetensi keilmuan dalam bidang kebidanan dan keperawatan sangat penting. Namun kemampuan teknis tersebut, harus dibarengi dengan karakter yang baik, berupa keramahan, ketulusan, kejujuran dan kesabaran, serta rendah hati, keuletan dan percaya diri dalam memberikan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat.

Penegasan Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan pada Sidang Terbuka Senat STIKES Sukabumi Tahun Akademik 2016-2017, dalam rangka Wisuda dan Mengangkat Sumpah Lulusan Program Studi Diploma III Kebidanan, Program Studi Diploma III Keperawatan, Program Studi Sarjana Keperawatan dan Program Studi Profesi Ners STIKES Sukabumi, hari Rabu, 11 Oktober 2017, bertempat di Gedung Anton Sudjarwo Lemdiklat Polri Sukabumi.

Dikatakannya, dengan kompetensi dan karakter pribadi yang baik, seluruh lulusan STIKES Sukabumi, akan tumbuh menjadi bidan dan perawat yang baik dan profesional, serta kehadirannya akan senantiasa dirindukan oleh segenap lapisan warga masyarakat. Selain itu, Walikota Sukabumi juga mengucapkan selamat kepada seluruh lulusan STIKES Sukabumi, yang telah diwisuda dan diangkat sumpah menjadi Ahli Madya Kebidanan dan Keperawatan, serta Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners STIKES Sukabumi.

Selanjutnya Walikota Sukabumi mengharapkan kepada seluruh lulusan STIKES Sukabumi, agar jangan melupakan sumpah yang sudah diucapkan, karena merupakan janji kepada Yang Maha Kuasa, kepada diri sendiri dan kepada warga masyarakat, yang harus senantiasa dijaga serta dipegang teguh dan benar-benar dilaksanakan sampai akhir hayat.

Diharapkan pula, peristiwa monumental ini, dapat menjadi berkah kebaikan bagi seluruh lulusan STIKES Sukabumi, yang diimplementasikan melalui tanggung jawab terhadap gelar dan kompetensi yang telah diperoleh. Karena momentum wisuda ini, bukanlah proses akhir dari kegiatan akademik, mengingat sejatinya pintu justru baru dibuka, untuk ujian yang lebih berat di masyarakat, baik dari aspek akademik dan sikap keprofesian, maupun dari aspek sosial dan spiritual. Selain itu juga diharapkan, seluruh lulusan STIKES Sukabumi mampu bersaing dalam tataran nasional dan internasional.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., selaku Ketua Yayasan Abdi Kusumah Bangsa Kota Sukabumi, Ketua STIKES Sukabumi, Iwan Permana, S.Kep., M.Kep., para Wakil Ketua dan Dosen STIKES Sukabumi, perwakilan dari Kopertis (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, para orang tua dan wali wisudawan dan wisudawati, serta para tamu undangan lainnya.