SEBANYAK 4 SEKOLAH DI KOTA SUKABUMI AKAN MENGIKUTI LSS TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 4 sekolah di Kota Sukabumi, akan mengikuti LSS (Lomba Sekolah Sehat) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017. Adapun  ke 4 sekolah tersebut, yakni TK AL Jihad Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Gunung Puyuh, SD Negeri Sukakarya 2 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong, SMP Negeri 16 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong, dan SMA Negeri 1 Kelurahan Citamiang Kecamatan Citamiang.

Karena seperti dijelaskan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., selaku Ketua TP UKS (Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah) Kota Sukabumi, ke 4 sekolah tersebut berhasil meraih gelar juara pertama LSS Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2017, yang diselenggarakan dari tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2017.

Untuk itu, ke 4 sekolah tersebut saat ini sedang melakukan berbagai persiapan, untuk menghadapi dan mengikuti penilaian LSS tersebut, yang menurut rencana akan dilaksanakan dari tanggal 19 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 6 November 2017 mendatang se Jawa Barat, Dijelaskannya, ke 4 sekolah tersebut akan dinilai dalam kerangka Trias UKS, yang terdiri dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, serta pemeliharaan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

Sedangkan penilaian dititikberatkan pada infrastruktur yang memenuhi kriteria sehat, seperti ruangan kelas yang memadai, diantaranya memiliki pencahayaan dan ventilasi yang baik, ruangan perpustakaan, tempat ibadah, tempat cuci tangan, ruangan UKS, ruangan PKHS (Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat) dan kamar mandi. Selain itu, juga mengenai pemahaman dan praktik pola hidup yang bersih dan sehat oleh guru, peserta didik, kantin sekolah dan para petugas sekolah.

Dijelaskan pula, berbagai persiapan yang dilakukan oleh ke 4 sekolah tersebut, melibatkan sejumlah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, diantaranya Dinas Kesehatan, DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan), DLH (Dinas Lingkungan Hidup), Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan), serta Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika).

Lebih jauh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi menjelaskan, Kota Sukabumi sudah beberapa kali meraih prestasi LSS, baik di Tingkat Provinsi Jawa Barat maupun di Tingkat Nasional. Diantaranya SMK Negeri 1 meraih gelar juara 3 LSS Tingkat Nasional Tahun 2013, SD Negeri Brawijaya juara 3 LSS Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015, dan SMA Negeri 3 juara 2 LSS Tingkat Nasional Tahun 2017.