PAD KOTA SUKABUMI MENGALAMI PENINGKATAN MENJADI RP. 361,1 MILYAR

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi pada Perubahan Anggaran Kota Sukabumi Tahun 2017, mengalami peningkatan menjadi Rp. 361,1 milyar, yakni mengalami peningkatan sebesar 11,52 persen atau sebesar Rp. 37,3 milyar dari sebelum perubahan sebesar Rp. 323,8 milyar. Adapun sumber PAD Kota Sukabumi ini, didapat dari 4 sumber PAD. Antara lain dari Pajak Daerah sebesar Rp. 38,4 milyar, dari Retribusi Daerah sebesar Rp. 8,1 milyar, dari hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah sebesar Rp. 3,9 milyar, dan dari Pendapatan Lain-Lain Yang Sah sebesar Rp. 310,7 milyar.

Dijelaskannya, dari ke 4 sumber PAD Kota Sukabumi tersebut, ada kenaikan sebesar 11,52 persen. Sedangkan untuk kontribusi PAD Kota Sukabumi dalam Perubahan Anggaran Kota Sukabumi Tahun 2017 ini sebesar 28,91 persen. Selain itu juga dijelaskan, pada Perubahan Anggaran Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, Pemerintah Kota Sukabumi akan memprioritaskan penganggaran untuk persiapan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang, bersamaan dengan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Dijelaskan pula, dalam Perubahan Anggaran Kota Sukabumi Tahun 2017 ini, seluruh penggarannya harus dilakukan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan setiap program yang sudah direncanakan. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi sudah menyesuaikan dan mengalokasikan anggaran dalam Perubahan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2017, termasuk penganggaran untuk Hak Keuangan Angggota DPRD Kota Sukabumi.

Berkaitan dangan hal tersebut, Walikota Sukabumi meminta sekaligus menginstruksikan kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar dalam melakukan pengelolaan semua keuangan, harus senantiasa mengedepankan prinsip efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabel. Sebab semua anggaran yang dialokasikan oleh Pemerintah Kota Sukabumi ini, harus senantiasa diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

Walikota Sukabumi menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal memperhatikan dan merealisakan aspirasi warga masyarakat, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, khususnya yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan dan pertanggungjawabannya. Sebab uang negara ini harus dipertanggungjawabkan, baik dari segi hukum maupun dari segi administrasinya.