AMIK BSI SUKABUMI MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI THALASSEMIA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Kampus AMIK BSI (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika) Sukabumi, Denny Pribadi, M.Kom. menjelaskan, Thalassemia jarang terdengar di telinga warga masyarakat awam. Padahal kemunculannya bisa mengancam jiwa warga masyarakat, baik anak-anak maupun dewasa. Karena Thalassemia merupakan salah satu penyakit genetika, yang dapat menyebabkan kelainan sel darah merah, ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin, bahkan bagi penderita akut harus melakukan transfusi darah seumur hidup. Hal ini menjadi keprihatinan semua pihak, karena kasus Thalassemia di Indonesia sudah banyak.

Untuk itu, AMIK BSI Sukabumi menyelenggarakan sosialisasi Thalassemia kepada seluruh mahasiswa dan civitas akademika AMIK BSI Sukabumi lainnya, bekerja sama dengan salah satu perusahaan kendaraan bermotor internasional di Indonesia. Selain itu, Kepala Kampus AMIK BSI Sukabumi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berupaya optimal mendukung dan membantu, sehingga sosialisasi Thalassemia ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Diharapkanbya, dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, seluruh mahasiswa dan civitas akademika AMIK BSI Sukabumi lainnya, dapat mengenali sejak dini tentang penyakit Thalassemia, serta dapat mencegahnya dengan melakukan pola PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Yang tidak kalah penting, seluruh mahasiswa dan civitas akademika AMIK BSI Sukabumi lainnya, dapat peduli dan memperhatikan kepada generasi penerus bangsa, khususnya kepada para penderita Thalassemia di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Acara yang dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2017, di Aula Kampus AMIK BSI Sukabumi ini, diisi dengan penyampaian informasi mengenai gejala dini Thalassemia, oleh Ketua Thalassemia Kota Sukabumi, dr. Hasan Basri, serta berbagi kisah dengan 2 orang penderita Thalassemia dan seorang ibu yang kehilangan 2 orang puteranya akibat menderita Thalassemia.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Thalassemia Kota Sukabumi menjelaskan gejala Thalassemia, diantaranya muka pucat dan badan lesu, nafsu makan buruk, urin gelap, pertumbuban lambat dan penyakit kuning. Dijelaskan pula, ada 2 jenis Thalassemia, yakni Thalassemia Minor yang tergolong ringan dan tidak mengharuskan penderita melakukan transfusi darah, serta Thalassemia Mayor, yang mengharuskan penderita melakukan transfusi darah seumur hidup.